get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Ndo Lina, Single Mom yang Jualan Kerupuk Goreng Pasir Gunakan Moge di Demak

Mengenal Koko Apung, Pengusaha Kuliner Asal Indonesia yang Kini Sukses di Amerika Serikat

Minggu, 02 April 2023 | 09:00 WIB
header img
Mengenal Koko Apung, Pengusaha Kuliner Asal Indonesia yang Kini Sukses di Amerika Serikat. (Foto: Instagram/Koko Apung)

JAKARTA, iNewsMedan.id Kisah sukses Apung atau yang akrab disapa Koko Apung sangat menarik. Dia sukses menjadi pengusaha kuliner di Amerika Serikat (AS) meski hanya lulusan Sekolah Dasar (SD).

Pria asal Pemangkat, Kalimantan Barat ini kini memiliki tiga restoran di Alhambra, Los Angeles, sebuah kawasan warga Asia. Restorannya diberi nama Borneo Kalimantan Cuisine.

Apung mengatakan hijrah ke Amerika pada 2001, atau tiga bulan sebelum serangan 11 September 2001 terjadi. Tujuan awalnya bukan untuk bekerja atau berbisnis, melainkan menghindar dari masalah keluarga. 

"Awalnya saya di Indonesia, tapi kemudian ada masalah dan saya pindah ke sini atau bahasa kasarnya kabur," kata dia, dikutip dari YouTube Channel Anak LA, Sabtu (1/4/2023).

Dia menjelaskan, pelariannya bertujuan untuk tinggal di Amerika dan hidup di sana. Seiring berjalannya waktu, Apung yang tidak memiliki siapa-siapa kemudian berusaha mencari komunitas masyarakat Indonesia. Usai mengenal beberapa orang, Apung mencari kerja dan memulai pekerjaannya sebagai karyawan restoran. 

"Jadi awalnya saya magang gitu, istilahnya karena ngegantiin pegawai lain yang libur panjang," ujarnya.

Setelah berjalannya waktu, dia pun mengambil alih restoran dengan niat menghadirkan kuliner khas Indonesia, khususnya Kalimantan. Namun di awal, dia tidak langsung mengganti menu di restoran tersebut.

Setiap pelanggan yang memesan makanan akan disuguhkan menu baru buatannya. Ternyata niatnya adalah agar lidah pembelinya terbiasa dengan menu baru tersebut. 

Pelanggan pun mulai menikmati makanan yang dibuatnya. Pada akhirnya, menu di restorannya diganti dengan menu khas Indonesia yang disajikan dengan rasa khas Kalimantan.

Dia bercerita, melakukan semua pekerjaan sendiri, mulai dari berbelanja, memasak, melayani pelanggan hingga memikirkan strategi bisnis.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut