get app
inews
Aa Read Next : Sambut Bulan Ramadhan, Polsek Hutaimbaru Bersama TNI dan Warga Gotong Royong Bersihkan TPU

5 Manfaat Teh Hijau, Bisa Cegah Berat Badan Naik Saat Bulan Ramadhan

Senin, 11 Maret 2024 | 18:37 WIB
header img
Teh Hijau (Foto/Getty Images)

JAKARTA, iNews.id – Teh hijau bukan hanya dipandang sebagai minuman untuk diet. Namun faktanya, teh hijau memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Ternyata bila ditelaah Teh Hijau juga bisa menjadi minuman yang pas setelah berbuka puasa. 

Pasalnya manfaat teh hijau dapat membantu meluruhkan lemak tubuh bila kita kurang dapat mengontrol nafsu makan pada saat bulan Ramadhan. Teh hijau juga ternyata bisa menjadi salah satu produk kecantikan hingga terapi untuk kesehatan.

Mengutip dari Times of India, segala jenis teh, baik hitam, hijau, atau herbal, mengandung segudang senyawa bioaktif dan antioksidan. Senyawa ini, seperti polifenol dan katekin, dikenal berpotensi melawan stres oksidatif dan peradangan. Selain itu, teh merupakan sumber vitamin dan mineral seperti vitamin E dan zat besi. 

Nah penasaran apa saja manfaat teh hijau selain untuk diet? Berikut rangkuman dari berbagai sumber, Minggu (10/3/2024):  

1. Menjaga berat badan 

Menyeruput satu cangkir teh hijau membawa kehangatan untuk tubuh. Teh herbal ini dikatakan memiliki senyawa yang membantu menjaga dan mengurangi berat badan dengan cara yang hebat. The hijau mengandung enzim ECGC dan kafein yang membantu pemecahan lemak.  

2. Aromaterapi  

Teh hijau ternyata bisa menjadi minyak aromaterapi yakni FreshCare Smash Matcha. Dikatakan Meta Anggarini Brand Manager FreshCare, aromaterapi matcha membawa hal yang baru dalam kategori minyak angin aromatherapy. Selain untuk kecantikan dan kesehatan, aromaterapi matcha juga bisa menenangkan pikiran dan tubuh dengan fitur praktisnya double inhaler, roll-on, kerokan, dan pijat. 

"Ada kombinasi fungsi, manfaat dan keunikan yang belum pernah ada sebelumnya. FreshCare Smash Matcha memberikan pengalaman baru yang segar dan inovatif. Kombinasi kemasan Glow in the Dark, kesegaran matcha, dan fungsi 4 in 1 menghadirkan yang terbaik bagi masyarakat,” kata Meta Anggarini. 

3. Menyehatkan rambut 

Ternyata ada cara mudah dan murah untuk mengatasi masalah rambut rontok yakni dengan mencuci rambut dengan air teh. Kandungan kafein dalam teh dipercaya dapat menembus kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membangunkan folikel rambut yang tidak aktif dan mengurangi rambut rontok. Sementara kandungan tanin dalam teh dapat menciptakan lapisan pelindung pada rambut, meningkatkan kekuatannya dan meminimalkan kerusakan.  

4. Mengatasi mata panda 

Salah satu cara paling efektif dan mudah untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata (mata panda) adalah dengan menggunakan kantong teh dingin. Gunakan teh hijau atau teh celup chamomile untuk hasil yang cepat. Diperkirakan bahwa sisa kafein membantu menyempitkan pembuluh darah sehingga mengurangi aliran darah, membantu meringankan lingkaran hitam. 

5. Mengatasi bau badan 

Salah satu makanan dan minuman yang efektif sebagai penghilang bau badan tak sedap adalah yang berasal dari bahan-bahan herbal. Pasalnya, bahan-bahan herbal dianggap dapat mengurangi bau badan tak sedap karena memiliki kandungan anti bakteri. Kandungan anti bakteri yang terdapat di dalam bahan-bahan herbal dapat menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut