get app
inews
Aa Read Next : Federasi Sepak Bola Vietnam Pecat Philippe Troussier usai Dipermalukan Indonesia

5 Suku di Indonesia yang Menolak Peradaban Modern, Nomor 4 Masih Bermukim di Atas Pohon

Sabtu, 11 Maret 2023 | 08:00 WIB
header img
Rumah tinggi Suku Korowai di Papua. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas deretan suku di Indonesia yang menolak peradaban modern. Salah satunya, Suku Korowai di Papua yang masih bermukim di atas pohon.

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang mempunyai banyak suku dan budaya, diperkirakan sampai saat ini Indonesia masih mempunyai 700 suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. 

Banyak suku di Tanah Air yang masih terisolir dan susah dijangkau karena menolak peradaban modern. Suku-suku yang ada di pedalaman Indonesia ini hidup secara tradisional dan belum terkontaminasi dengan kehidupan modern

Berikut adalah ulasan tentang lima suku asli Indonesia yang asing akan kehidupan modern, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/3/2023).

1. Suku Badui, Banten

Suku Badui atau suku Kanekes, khususnya Badui dalam, merupakan kelompok masyarakat asli yang mendiami daerah Banten. 

Walaupun berada di daerah yang cukup sentral di Indonesia, suku ini melaksanakan kehidupannya dengan mengasingkan diri dan tidak menerima modernisasi atau pembangunan yang berasal dari luar. 

Masyarakat Badui dalam ini lebih memilih untuk hidup mandiri di wilayah pegunungan kendeng dengan bermata pencaharian yang bersumber dari alam. 

2. Suku Kajang, Sulawesi Utara

Suku Kajang yang berada di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Utara ini boleh dikatakan sebagai suku di Indonesia yang menolak modernisasi sekaligus paling ditakuti. 

Sejumlah kalangan dari suku Kajang memang telah semakin terbuka dengan kehidupan perkotaan tapi suku ini juga memiliki beberapa kelompok terasing di tengah hutan. 

Suku yang identik dengan busana serba hitam ini juga diyakini mempunyai kekuatan magis dahsyat. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut