get app
inews
Aa Read Next : Bawa Inovasi Dapur Modern Terkini, Fotile Hadir di Medan

5 Suku di Indonesia yang Menolak Peradaban Modern, Nomor 4 Masih Bermukim di Atas Pohon

Sabtu, 11 Maret 2023 | 08:00 WIB
header img
Rumah tinggi Suku Korowai di Papua. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas deretan suku di Indonesia yang menolak peradaban modern. Salah satunya, Suku Korowai di Papua yang masih bermukim di atas pohon.

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang mempunyai banyak suku dan budaya, diperkirakan sampai saat ini Indonesia masih mempunyai 700 suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. 

Banyak suku di Tanah Air yang masih terisolir dan susah dijangkau karena menolak peradaban modern. Suku-suku yang ada di pedalaman Indonesia ini hidup secara tradisional dan belum terkontaminasi dengan kehidupan modern

Berikut adalah ulasan tentang lima suku asli Indonesia yang asing akan kehidupan modern, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/3/2023).

1. Suku Badui, Banten

Suku Badui atau suku Kanekes, khususnya Badui dalam, merupakan kelompok masyarakat asli yang mendiami daerah Banten. 

Walaupun berada di daerah yang cukup sentral di Indonesia, suku ini melaksanakan kehidupannya dengan mengasingkan diri dan tidak menerima modernisasi atau pembangunan yang berasal dari luar. 

Masyarakat Badui dalam ini lebih memilih untuk hidup mandiri di wilayah pegunungan kendeng dengan bermata pencaharian yang bersumber dari alam. 

2. Suku Kajang, Sulawesi Utara

Suku Kajang yang berada di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Utara ini boleh dikatakan sebagai suku di Indonesia yang menolak modernisasi sekaligus paling ditakuti. 

Sejumlah kalangan dari suku Kajang memang telah semakin terbuka dengan kehidupan perkotaan tapi suku ini juga memiliki beberapa kelompok terasing di tengah hutan. 

Suku yang identik dengan busana serba hitam ini juga diyakini mempunyai kekuatan magis dahsyat. 

3. Suku Mentawai, Sumatera Barat

Suku Mentawai ini merupakan suku kuno yang terletak di kepulauan Mentawai bagian dari wilayah Sumatera Barat dan Utara. Mempunyai asal usul yang misterius menjadikan perdebatan di kalangan peneliti. 

Ada yang mengutarakan pendapat bahwa suku di Indonesia yang menolak modernisasi ini berasal dari bangsa Polinesia dan ada juga yang mempercayai bahwa mereka berasal dari bangsa Proto Melayu atau Melayu tua. 

4. Suku Korowai, Papua

Suku Korowai adalah salah satu suku yang hidup di hutan pedalaman Papua. Kaum dari suku Korowai ini dapat dikatakan sangat terasing dan terisolir dari dunia luar. 

Bila berpapasan dengan suku lain di tanah Papua telah mengenal baju, suku di Indonesia yang menolak modernisasi ini sama sekali tidak memakai penutup tubuh termasuk koteka. 

Suku ini dikatakan bermukim di atas pohon. Bahkan, diperkirakan bahwa rumah mereka mempunyai ketinggian mencapai 50 hingga 100 meter dari permukaan tanah. 

5. Suku Anak Dalam, Jambi

Tepatnya berada di Provinsi Jambi, Pulau Sumatera ada sebuah kelompok etnik yang diberi nama Suku Anak Dalam atau yang lebih dikenal dengan nama suku Kubu. 

Suku ini juga masih hidup nomaden atau berpindah-pindah, bahkan suku di Indonesia yang menolak modernisasi ini mempunyai sistem kepercayaan yang masih sangat kuno. Dikatakan bahwa mereka masih menyembah para dewa atau roh para leluhur.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 5 Suku Asli Indonesia yang Asing akan Kehidupan Modern, Nomor 4 Tinggal di Rumah Pohon

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut