get app
inews
Aa Read Next : Kata Kiamat Jadi Trending Topik Ramai di Medsos

Tempat Turunnya Nabi Isa AS di Akhir Zaman

Jum'at, 03 Februari 2023 | 10:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa.)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Tempat turunnya Nabi Isa alaihisalam (as) di akhir zaman sudah tertuang dalam Alquran dan hadits. Nabi Isa turun ke bumi untuk membunuh Dajjal.

Nabi Isa AS merupakan satu dari lima nabi dan rasul yang berpredikat 'ulul 'azmi. Nabi Isa as juga diberi gelar Almasih. 

Dalam Alquran, Nabi Isa AS akan diturunkan ke bumi untuk membunuh Dajjal yang telah berbuat kerusakan. Turunnya Nabi Isa ke bumi juga merupakan salah satu tanda akan datangnya hari kiamat

Allah SWT berfirman dalam Alquran, Surat Az Zukhruf ayat 61.

وَاِنَّهٗ لَعِلْمٌ لِّلسَّاعَةِ فَلَا تَمْتَرُنَّ بِهَا وَاتَّبِعُوْنِۗ هٰذَا صِرَاطٌ مُّسْتَقِيْمٌ ٦١

Artinya: Sesungguhnya dia (Isa) itu benar-benar menjadi pertanda akan datangnya hari Kiamat. Oleh karena itu, janganlah sekali-kali kamu ragu tentang (kiamat) itu dan ikutilah (petunjuk)-Ku. Ini adalah jalan yang lurus. (QS. Az Zukhruf: 61)

Dilansir dari Tafsir Tahlili Kemenag, Allah menerangkan lebih lanjut tentang kelebihan yang diberikan kepada Nabi Isa yang akan menjadi bukti tentang adanya hari Kiamat. 

Hal itu karena Nabi Isa memiliki mukjizat-mukjizat besar, seperti menghidupkan orang mati, menyembuhkan kebutaan, dan sebagainya. Mukjizat-mukjizat itu merupakan bukti bahwa Allah yang memberikannya mampu menciptakan hari Kiamat. Di samping itu hadits-hadits sahih menginformasikan akan datangnya Nabi Isa menjelang hari Kiamat. 

Hadits itu diriwayatkan dari berbagai sumber, di antaranya Abµ Hurairah, Ibn ‘Abbas, ‘Ikrimah, al-Hasan, Qattdah, dan ad-dhahak, sehingga dipandang mutawatir oleh sebagian ulama. 

Hadis itu di antaranya adalah:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَيُوْشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيْكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَماً عَدْلاً. (رواه البخاري ومسلم) 

Artinya: Nabi saw bersabda, “Demi (Allah) yang menguasai jiwaku, hampir saja turun kepada kalian Isa bin Maryam sebagai hakim yang adil. (Riwayat al-Bukhari dan Muslim).

Di Mana Tempat Turunnya Nabi Isa AS di Akhir Zaman?

Dalam sejumlah hadits sahih disebutkan mengenai tempat turunnya Nabi Isa As yang merupakan pertanda akan datangnya hari kiamat. Sebagaimana diriwayatkan dari Nawas bin Sam'an bawa Rasulullah SAW pernah bersabda: 

النواس بن سمعان رضي الله عنه أنه صلى الله عليه وسلم قال " فبينما هو أي الدجال كذلك إذ بعث الله المسيح ابن مريم عليه السلام فينزل عند المنارة البيضاء شرقي دمشق بين مهرودتين واضعا كفيه على أجنحة ملكين إذا طأطأ رأسه قطر وإذا رفع رأسه تحدر منه جمان كاللؤلؤ ، فلا يحل لكافر يجد ريحه إلا مات ، ونفسه ينتهي حيث ينتهي طرفه ) .

Artinya: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:“Ketika Allah telah mengutus al-Masih Ibnu Maryam, maka turunlah Isa AS di Menara Putih, sebelah timur Damsyiq (Damaskus) dengan mengenakan dua buah pakaian yang dicelup dengan waras dan za’faran, dan kedua telapak tangannya diletakkannya di sayap dua Malaikat. Bila Isa menundukkan kepala maka menurunlah rambutnya, dan jika diangkatnya kelihatan landai seperti mutiara. Maka tidak ada orang kafir pun yang mencium napasnya kecuali pasti meninggal dunia, padahal napasnya itu sejauh mata memandang. Lalu Isa mencari Dajjal hingga menjumpainya dipintu Lud, lantas dibunuhnya Dajjal. Kemudian Isa datang kepada suatu kaum yang telah dilindungi oleh Allah dari Dajjal, lalu Isa mengusap wajah mereka dan memberi tahu mereka tentang derajat mereka di surga.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut