Orangutan yang Dievakuasi dari Karo Mati, BBKSDA: Ada Bekas Luka Kekerasan Fisik

Jafar
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 20:55 WIB
Satu individu Orangutan Sumatera (Pongo Abelii) yang dievakuasi dari kawasan Kabupaten Karo, Sumatara Utara mati. (Foto: BBKSDA Sumut)

MEDAN, iNewsMedan.id - Satu individu Orangutan Sumatera (Pongo Abelii) yang dievakuasi dari Kawasan Liang Melas Datas, Dusun Kutakendit, Desa Kutapengkih, Kecamatan Mardingding, Kabupaten Karo, Sumatara Utara mati.

Sebelumnya, orangutan tersebut pada Sabtu (21/1/2023) lalu dievakuasi oleh warga karena masuk perkampungan. Saat dievakuasi, ada sejumlah luka dibadan orangutan tersebut.

Evakuasi dari Kutapengkih, dilakukan oleh Tim Human Orangutan Conflict Respon Unit (HOCRU) dari Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) dan dokter dari The Sumatran Orangutan Conservation Programme (SOCP). Tidak ada satu pun personel Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut saat evakuasi.

Setelah dibawa ke Batumbelin, tim dari SOCP melakukan perawatan. Orangutan itu, mulai sadar setelah dibius sekitar pukul 16.00 WIB. Tim dokter memberikan makan dan minum menggunakan spuit.

Tim terus melakukan pemantauan terhadap kondisi orangutan tersebut. Setelah dilakukan perawatan di stasiun karantina orangutan, Batumbelin, Kabupaten Deli Serdang yang dikelola oleh SOCP, orangutan tersebut mati pada Minggu (22/1/2023) petang.

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini