Kakanwil Kemenag Sumut Raih Gelar Doktor di Tengah Tugas dan Usia Tidak Muda Lagi

Jafar
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 19:26 WIB
Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Utara (Sumut), Abdul Amri Siregar meraih gelar doktor. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Di usia yang tak lagi muda, hampir 60 tahun, Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Utara (Sumut), Abdul Amri Siregar meraih gelar doktor. Disertasi Amri tentang "Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter dan Sikap Keberagamaan Siswa (Studi PADA SDIT DAN SMPIT HARAPAN MULIA PALEMBANG) ia pertahankan di Kampus UIN Bengkulu, Selasa (24/1/2023).

Amri meneliti pelaksanaan pembelajaran PAI di SDIT dan SMP IT Harapan Mulia Palembang. Pemilihan obyek ini dilatari beberapa dasar pemikiran, di antaranya perkembangan lembaga pendidikan ini yg demikian fantastik. Lembaga ini berawal dr SD, PG, TK yg didirikan oleh pasangan Prof Selamat Widodo dan DR. Umi Rosyidah (keduanya dosen Univ. Sriwijaya Palembang) tahun 2004. Saat ini telah bertambah dng tingkat SMP dan SMA. 

Dari hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran PAI di lembaga ini telah berjalan efektiv bila diukur dari kriteria efektivitas dan berorientasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

Amri memulai program doktoral tahun 2019 saat ia menjabat sebagai Kepala Biro di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Ketika dia ditunjuk menjadi Kakanwil Kemenag Sumut (November 2021), ia sempat ragu apakah bisa menyelesaikan kuliah tersebut. 

"Mengingat tugas membawahi 33 daerah Kab/Kota, saya sempat ragu. Tetapi saya ingin menunjukkan kepada keluarga dan kolega, waktu yang sempit bukan alasan untuk tidak teruse menempa diri," kata Amri selepas ujian.

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini