get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Ndo Lina, Single Mom yang Jualan Kerupuk Goreng Pasir Gunakan Moge di Demak

Kisah Sukses Petani Ubi Madu di Magelang, Hasil Panen Berhasil Tembus Pasar Ekspor

Selasa, 10 Januari 2023 | 10:00 WIB
header img
Kisah sukses Khairul Umam menjadi Petani Ubi di Magelang. (Foto: YouTube CapCapung)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kisah sukses Khairul Umam menjadi Petani Ubi di Magelang ini menarik untuk diketahui. Pasalnya, ia merupakan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah pandemi Covid-19 lalu.

Berkat kegigihannya, komoditas yang ditanam Umam ini berhasil menembus pasar ekspor, seperti Korea dan Singapura. 

Setelah mendapatkan surat PHK dari kantornya, Umam kembali ke kampung halamannya yang di Magelang, Jawa Tengah. Di sana Umam mulai melirik sektor pertanian untuk dijadikan mata pencariannya. 

Hal tersebut membawa semangat Umam untuk mempelajari sektor pertanian. Akhirnya, Umam menentukan pilihannya untuk menjadi petani sayuran tanaman hortikultura dan umbi-umbian.

"Karena pertanian itu bagi saya sangat menarik, yang bisa membantu untuk menyediakan pangan kepada seluruh rakyat Indonesia, dan kedua potensi dari tanaman umbi ini juga bagus karena bisa menggantikan dari bahan pokok seperti nasi dan untuk kita ekspor juga," ujar Umam dikutip dari YouTube CapCapung, Senin (9/1/2023).

Komoditas tersebut dipilih Umam bukan tanpa alasan. Bermodalkan jaringan pertemanan, salah seorang rekan Umam yang memberi tahu bahwa komoditas tersebut punya peluang ekspor yang cukup besar. 

Saat ini, Umam sendiri mempunyai lahan seluas kurang lebih 1 hektare untuk ditanami komoditas umbi-umbian dan tanaman sayuran holtikultura. Hasil panen dari luas lahan yang dimilikinya saat ini, Umam mampu mengantongi omzet hingga Rp100 juta dalam satu kali masa panen.

Adapun, lahan seluas 1 hektare itu bukan seluruhnya milik Umam, akan tetapi sebagaian ada yang dimiliki petani yang digarap olehnya. Nantinya, setelah panen diterapkan mekanisme bagi hasil antara pemilik lahan dan penggarap.

"Alhamdulillah petani yang bermitra dengan kami mereka sangat tertarik, karena disisi lain mereka bisa punya sampingan sambil kerja lain, karena tanah atau lahan yang mereka punya udah kita kerjakan dan mereka terima beres dari rumah," tuturnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut