get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Mahasiswa Kedokteran Garda Muhammad Jualan Tahu Bakso di Kampus

Kisah Inspiratif Peternak Katak Lembu, Sekali Panen Raih Omzet Senilai Rp13,5 Juta

Sabtu, 07 Januari 2023 | 08:13 WIB
header img
Katak Lembu. (Foto: YouTube CapCapung)

Selain itu, proses budi daya mulai dari kecebong hingga menjadi kodok memakan waktu yang tidak singkat. Misalnya dari telur hingga menetas menjadi kecebong memerlukan waktu seminggu, selanjutnya dari kecebong menjadi katak besar setidaknya memerlukan waktu empat sampai lima bulan.


Peternak Katak Lembu, Candu yang raih omzet Rp13,5 juta dalam satu kali panen. (Foto: YouTube CapCapung)

Candu menyebut, untuk harga jual Katak Lembu seharga Rp45.000 per kilogram (kg). Dia sendiri dalam satu kali panen jumlahnya menembus 3 kuintal atau 300kg.

Dalam satu kali panen, Candu bisa mengantongi omzet sekitar Rp13,5 juta. Omzet tersebut dikurangi Candu untuk pakan dari cebong hingga panen untuk 1000 kodok sebesar Rp2 juta.

"Sehari memberi makan dua kali, kalau dari percil (kodok kecil) sampai remaja itu tiga kali, remaja sampai panen dua kali," tuturnya.

Adapun saat ini pasar yang Candu miliki berada di tiga wilayah, yaitu Jawa Timur, Bali, dan Ambon. Menurutnya, pasar dari Katak Lembu ini cukup besar, namun jumlah peternaknya saat ini masih cukup minim.

"Jangan takut memulai usaha, karena kalau ada pikiran takut, tidak akan terwujud usaha itu, modal bisa dicari," ucapnya.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Ternak Katak Lembu, Pria asal Purworejo Ini Kantongi Omzet Rp13,5 Juta Sekali Panen

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut