get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Briptu Julhamadi Munthe Jadi Guru Bahasa Arab, Wujudkan Santri Berakhlaqul Karimah

Kisah Inspiratif Peternak Katak Lembu, Sekali Panen Raih Omzet Senilai Rp13,5 Juta

Sabtu, 07 Januari 2023 | 08:13 WIB
header img
Katak Lembu. (Foto: YouTube CapCapung)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kisah inspiratif peternak katak lembu asal Purworejo, Jawa Tengah, ini menarik untuk diketahui. Pria itu bernama Candu. Ia bisa meraih omzet sekitar Rp13,5 juta lewat satu kali panen dari budi daya kecebong hingga menjadi katak besar.

Sebelum menjadi pembudi daya Katak Lembu, Candu merupakan seorang karyawan swasta. Salah satu motivasinya untuk menggarap usaha katak ini karena orang tuanya.  

Candu berharap punya penghasilan, namun sambil merawat orang tuanya yang semakin tua. Akhirnya, Candu memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan mempelajari budi daya kecebong hingga menjadi katak yang siap jual.

"Paling enak usaha sendirian, biar sekecil apapun, ikut orang bnayak tekanan batin, sekarang dirumah kerja, bisa sekaligus ngurus orang tua juga," ujar Pandu dikutip dari YouTube CapCapung, Jumat (6/1/2023). 

Dia menjelaskan, untuk membesarkan kecebong hingga menjadi Katak Lembu yang siap panen bukan sesuatu yang instan. Pasalnya, perawatan kolam terutama kebersihan dan pakan menjadi hal yang sangat penting. Baik cebong ataupun sudah menjadi kodok bisa mati jika kondisi air di dalamnya kotor.

"Modal awal besar di kolam dan bibit, kolam saya menggunakan 2x2 tinggi 80 cm, paling utama kodok kebersihan air, kalau keruh airnya kodok itu bisa mati," tuturnya.

Menurutnya, untuk budi daya kodok memerlukan modal awal yang sedikit lebih besar, karena harus menggunakan kolam dari coran semen untuk menjaga kelembaban kodok.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut