get app
inews
Aa Read Next : 45.415 Kejadian Kejahatan Terjadi di Sumut Sepanjang 2023, Kapolda: 11.251 Pelaku Berhasil Ditahan

Merawati Minta Menteri ATR Bongkar Sindikat Mafia Tanah di Desa Helvetia

Rabu, 04 Januari 2023 | 11:13 WIB
header img
Kuasa hukum Merawati saat melakukan laporan pengaduan masyarakat (Dumas) di Polda Sumatera Utara. (Foto: Istimewa).

Kata Andi, dugaan sindikat praktek mafia tanah bekerja secara kolektif. Sindikat itu diduga dari oknum aparatur pemerintah desa, kecamatan, notaris hingga oknum-oknum lainnya diduga turut terlibat dalam kasus tersebut.

"Bicara masalah mafia tanah, tidak usah jauh-jauh, di Desa Helvetia Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang, ada kasusnya," ucapnya.

Sehubungan dengan hal itu, Kepala Desa Helvetia Agus Salim melalui surat revisinya yang ditujukan kepada Ardianto Coorporate Law Office sesuai dengan nomor 140/2654/XII/2022 tertanggal 30 Desember 2022, beberapa poin menjelaskan bahwa pemerintahan Desa Helvetia tidak mengetahui dan dirinya mengaku tidak ada menandatangani surat penguasaan fisik bidang tanah oleh atas nama Rakio dimana tidak diadministrasikan dalam arsip pemerintah Desa Helvetia. 

Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala Desa Helvetia itu juga menerangkan, pemerintahan Desa Helvetia baru mengetahui terbit sertifikat hak milik 02313 atas nama Rakio dan sekarang beratas namakan Budi Kartono yang dikeluarkan oleh Kantor Pertanahan Deliserdang.

Ironisnya, sebelumnya Sekretaris Desa Helvetia, Komarudin mengatakan memang di lahan yang disengketakan itu ada tanah milik Merawati. Dia mengakui antara lahan milik Merawati dan Rakio berdekatan.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut