get app
inews
Aa Read Next : Pelaku UMKM Raup Omzet Dua Kali Lipat Selama MTQ ke 57 Kota Medan

3 Hari Jelang Tahun Baru, Harga Cabai Merah Terjun Bebas

Jum'at, 30 Desember 2022 | 12:35 WIB
header img
Harga cabai merah terjun bebas. (Foto: Kharisma/iNewsMedan)

"Saya yakin pedagang besar sudah menginformasikan terlebih dahulu kepada para petani bahwa pembelian cabai paling lambat akan dilakukan pada hari ini. Bahkan, akan mulai dilakukan pembelian lagi paling cepat pada Senin (2/1/2023) setelah perayaan tahun baru. Sehingga, petani berbondong-bondong memanen tanaman cabainya. Di sisi lain, penambahan jumlah buruh tani juga terjadi," ujar Gunawan.

Gunawan menyimpulkan, penurunan harga cabai merah saat ini bukanlah pertanda bahwa harga cabai akan turun di Januari 2023 mendatang. Sebab, dari hasil observasi lapangan, musim panen raya cabai sudah di lewati pada November kemarin. Sehingga trennya saat ini adalah penurunan pasokan akibat penurunan produktifitas tanaman cabai itu sendiri.

Bahkan, penurunan harga cabai merah saat ini yang sudah berlangsung sekitar 2 hari dan diperkirakan tidak akan berlangsung lama. Jadi para ibu rumah tangga yang banyak membutuhkan cabai merah bisa menambah pasokannya selama harga masih bertahan murah. 

"Diperkirakan kedepan harga cabai merah berada dikisaran Rp33.000 hingga Rp37.000 per kilogram pada Januari," tutur Gunawan.

Lebih lanjut, murahnya cabai merah saat ini juga tidak terlepas dari strategi pedagang yang mencoba menghabiskan stoknya menjelang libur akhir tahun. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut