get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Medan 9 April 2024

3 Hari Jelang Tahun Baru, Harga Cabai Merah Terjun Bebas

Jum'at, 30 Desember 2022 | 12:35 WIB
header img
Harga cabai merah terjun bebas. (Foto: Kharisma/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Harga cabai merah di pasar mengalami penurunan dalam 3 hari terakhir. Pada Kamis (29/12/20220) dan Jumat (30/12/2022) ini diperkirakan menjadi titik puncak belanja masyarakat. Bahkan pada Sabtu (31/12/2022) atau sehari sebelum tahun baru, pasokan bahan pangan juga akan berkurang, karena para pedagang sudah mengambil posisi liburan jelang tahun baru.

Pantauan di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, harga cabai merah mengalami penurunan yang cukup tajam. Dari harga Rp34.000 per kilogram anjlok menjadi Rp24.000 per kilogram. Penurunan tersebut cukup signifikan dan terjadi secara tiba-tiba. 

Salah satu pedagang di Pusat Pasar Medan, Dani menuturkan, pasokan yang cenderung melimpah dan menekan harga tersebut dikarenakan koordinasi antara distributor (pedagang besar) dan petani.

"Biasanya sehari bisa memasok hingga 100 kilogram, dan dengan pasokan barang yang tiba-tiba melimpah ini menambah jumlah pasokan sekitar 120 kilogram. Untuk permintaan dari pembeli pun masih ramai meski menjelang libur tahun baru," katanya di Medan, Jumat (30/12/2022).

Terpisah, Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin menanggapi dengan turunnya harga jual cabai merah tersebut.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut