get app
inews
Aa
Read Next : Bagaimana Cara Menjual Emas Tanpa Surat? Berikut Ulasannya

Penyaluran Kredit Bank Sumut Capai Rp224,31 Triliun

Jum'at, 16 Desember 2022 | 12:32 WIB
header img
Media Gathering kantor OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara. (Foto: Kharisma/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (KR5 Sumbagut) mencatat penyaluran kredit/pembiayaan oleh bank di Sumatera Utara sebesar Rp224,31 triliun dengan pertumbuhan 1,76 persen secara year on year (yoy).

Untuk struktur kredit terdiri dari 70,93 persen kredit produktif dan 29,07 persen kredit konsumtif. Pertumbuhan kredit tersebut ditopang oleh kredit investasi bank umum yang bertumbuh 9,46 persen yoy menjadi Rp61,46 triliun dan kredit kepemilikan rumah tinggal yang bertumbuh 10,14 persen yoy menjadi Rp20,38 triliun.

"Jika dibandingkan dengan tren historis dari Desember 2021 lalu, kredit investasi justru mengalami kontraksi yang paling dalam. Hal ini menunjukkan sektor dunia usaha di Sumut sudah bergerak pulih dan mulai melakukan ekspansi usaha yang sigfnifikan," kata Kepala OJK KR5 Sumbagut Yusup Ansori dalam kegiatan Media Gathering di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, dengan tema “Kolaborasi Pelayanan Publik dan Keuangan Berkelanjutan”, Kamis (15/12/22).
 
Yusup menjelaskan, di saat kredit dapat didorong untuk bertumbuh, profil risiko perbankan juga tetap dapat dijaga dengan baik, tercermin dari rasio NPL gross yang turun hingga di bawah 3 persen yaitu sebesar 2,48 persen. 

"Di tahun 2022 ini merupakan tahun pemulihan bagi Indonesia, baik dari segi kesehatan dan ekonomi, dari dampak masif pandemi Covid-19," jelasnya.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut