LPEI Gandeng KJRI Guangzhou Buka Akses Pasar Global

Isnaini Kharisma
.
Selasa, 29 November 2022 | 13:30 WIB
LAGI gandeng KJRI Guangzhou buka akses pasar global. (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNewsMedan.id - Guna mendorong digitalisasi pada pelaku usaha Indonesia guna memperluas akses pasar global, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank giat membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan kolaborasi yang kontributif dalam rangka mendorong ekspor nasional.

Kali ini kolaborasi tersebut diwujudkan dengan menggandeng Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Guangzhou bersama Kementerian Perdagangan RI dan Bank Indonesia. Kerja sama ini berupa pelaksanaan kegiatan B2B business matching melalui OPB, B2B e-commerce dari Guangzhou yang diperkenalkan oleh KJRI Guangzhou dengan tujuan untuk memperluas jaringan pasar ekspor para pelaku UMKM Indonesia ke berbagai negara.

Nantinya, KJRI Guangzhou berperan sebagai perantara untuk memfasilitasi proses UMKM dengan membuka akses pasar via e-commerce bagi mitra binaan LPEI dan calon buyer.

Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI, Gerald S Grisanto mengatakan, ini merupakan salah satu upaya LPEI guna mendukung Pemerintah untuk meningkatkan ekspor nasional. Berdasarkan statistik BPS, hingga September 2022, secara kumulatif nilai ekspor Indonesia mencapai US$219,35 miliar, naik 33,49 persen dibanding periode yang sama tahun 2021.

"Peran aktif LPEI sebagai fasilitator dan akselerator, yakni menjembatani kepentingan pelaku ekspor guna mempercepat pertumbuhan ekspor nasional. Melalui perannya, LPEI membawa mitra binaanya untuk dipertemukan dengan calon buyer di berbagai negara, salah satu diantaranya adalah Guangzhou, Republik Rakyat Tiongkok (RRT)," katanya dalam kegiatan virtual zoom, Selasa (29/11/2022). 

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini