get app
inews
Aa Read Next : Earth Day 2024, Masyarakat Pantai Barat Sumut Gaungkan Perlawanan Terhadap Plastik

Jaga Kelestarian Lingkungan, Yamantab Dirikan Bank Sampah di Tapanuli Tengah

Kamis, 24 November 2022 | 19:12 WIB
header img
Yayasan Masyarakat Penjaga Pantai Barat (Yamantab) mendirikan Bank Sampah Yamantab (BSY) di Gang Anggrek, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah. (Foto: Istimewa)

TAPTENG, iNewsMedan.id - Sampah sudah menjadi momok yang menakutkan terhadap kelestarian lingkungan hidup. Terutama, di Kawasan Pantai Barat, Sumatera Utara.

Atas hal itu, Yayasan Masyarakat Penjaga Pantai Barat (Yamantab) mendirikan Bank Sampah Yamantab (BSY) di Gang Anggrek, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah. Kamis (24/11/2022).

"Untuk awal, kita sewa satu unit rumah kontrakan dan mengawali pengelolaan BSY disana pelan-pelan, tentu dengan harapan dapat berkembang dengan dukungan banyak pihak," ujar Ketua Yamantab, Damai Mendrofa saat peresmian Bank Sampah Yamantab. Kamis (24/11/2022).

Lebih lanjut, Damai menjelaskan, bahwa persoalan sampah membutuhkan keterlibatan dan kerja sama banyak pihak. Sebab, sampah terus mencemari sungai-sungai, parit dan kawasan laut.

"Bisa kita lihat sampah terus mencemari sungai-sungai, parit, pantai dan banyak kawasan laut. Persoalan ini harus dijawab dengan banyak aksi, banyak cara, banyak pihak, dan dikerjakan dengan keseriusan dan niat yang baik," ucap Damai.

Damai berharap, berdirinya Bank Sampah Yamantab, menjadi salah satu cara dalam upaya pengendalian sampah agar tidak lagi mencemari dan merusak lingkungan. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut