get app
inews
Aa Read Next : SPMT Dorong Pelaku UMKM di Belawan Naik Kelas

Pemulihan dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, LPEI Lakukan Edukasi dan Pendampingan Ekspor

Sabtu, 19 November 2022 | 16:38 WIB
header img
Pemulihan dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, LPEI Lakukan Edukasi dan Pendampingan Ekspor. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Berdasarkan statistik BPS, di tengah risiko guncangan perekonomian global, ekonomi Indonesia pada triwulan III-2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,72 persen dibandingkan triwulan III-2021. 

Perkembangan tersebut memperlihatkan momentum pemulihan ekonomi Indonesia masih sangat kuat meskipun di tengah pandemi yang melanda. Hal ini juga menunjukkan pandemi Covid-19 dapat dikendalikan dengan baik sehingga aktivitas ekonomi masyarakat mengalami peningkatan tinggi yang merata di berbagai sektor. Di antara beberapa faktor penyumbang terhadap pertumbuhan ekonomi adalah kinerja ekspor yang terus menguat. 

"Ini merupakan suatu momentum yang baik karena berarti dunia usaha sudah mulai melakukan pemulihan dalam sisi kegiatan investasinya, didukung oleh sektor perbankan yang mulai menyalurkan kreditnya, dan yang paling bagus juga adalah ekspor yang masih sangat kuat. Kinerja ekspor kita itu sangat baik,” mengutip pernyataan yang disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati pada laman media sosial @smindrawati (10/11/2022) lalu.

Pasalnya, performa ekspor Indonesia tumbuh secara riil sebesar 21,6 persen di triwulan III-2022 (yoy), konsisten dalam melanjutkan tren surplus dari sisi neraca perdagangan selama 29 bulan berturut-turut.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut