get app
inews
Aa Read Next : Periode Triwulan I, BPJamsostek Tanjung Morawa Bayar Klaim Rp78,9 Miliar

BPJamsotek Cabang Tanjung Morawa Minta Pelaku UMKM Cepat Beradaptasi terhadap Perubahan

Kamis, 20 Juli 2023 | 17:09 WIB
header img
BPJamsotek Cabang Tanjung Morawa Minta Pelaku UMKM Cepat Beradaptasi terhadap Perubahan. (Foto: Dok BPJamsostek Cabang Tanjung Morawa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Geliat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) semakin bergairah selepas diumumkan berakhirnya Pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu oleh pemerintah pusat. 

Hal itu terlihat dalam kegiatan yang diselenggarakan Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional (Bamagnas) di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kamis (20/7/2023). Di mana, Bamagnas menghadirkan lebih dari 600 orang pelaku UMKM sekaligus binaan dari Bamagnas di area Medan dan sekitarnya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Morawa, Andi Widya Leksana bersama perwakilan dari Dinas Koperasi dan perbankan. Kegiatan ini dimoderatori oleh Ketua UMKM Nusantara Provinsi Sumut, Binsar  Simatupang yang memiliki pengalaman membina UMKM di Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Andi saat ini kita memasuki era Volatile, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA). Di mana, tantangan ke depan menuntut untuk Agile atau cepat beradaptasi menyesuaikan terhadap perubahan.

"Contohnya pada saat pandemi Covid-19 di akhir tahun 2019 yang lalu, semua badan usaha terdampak, tidak memandang skala usaha. Di masa-masa itu Jaminan Sosial ketenagakerjaan menjalankan fungsinya sebagai jaring pengaman dan meminimalisir Potensi pekerja jatuh ke jurang kemiskinan," terang Andi.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut