get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Polda Sumut bersama Mahasiswa di Jakarta

Daftar Kampus Swasta Termahal di Indonesia, Apa Saja?

Kamis, 17 November 2022 | 12:00 WIB
header img
Ilustrasi kampus. (Foto: Istimewa)

Swiss-German University (SGU)

Terletak di Alam Sutera, Tangerang, Swiss-German University (SGU) hadir sebagai kampus bonafide di Indonesia. Ada berbagai fakultas yang ditawarkan di SGU, misalnya adalah Bisnis dan Manajemen, Teknologi Pangan, Komunikasi, Teknologi Informasi, Bisnis Kuliner Internasional, Teknik Biomedikal, dan masih banyak lagi. Sementara itu, uang kuliah yang harus dibayar mahasiswa rata-rata adalah Rp27 jutaan per semester dengan berbagai fasilitasnya yang sangat lengkap.

Sebagai kampus bertaraf internasional dengan bahasa pengantar Inggris, SGU juga menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai bahan ajar dan komunikasi sehari-hari, baik antara dosen dengan mahasiswa maupun mahasiswa dengan mahasiswa. Dengan begini, para mahasiswa bisa merasakan atmosfer berkuliah di luar negeri.

Satu hal lainnya di SGU adalah program magang yang diwajibkan terdiri dari 2 fase. Pada semester 3, mahasiswa harus magang di perusahaan-perusahaan dalam negeri yang memang telah bekerja sama dengan pihak universitas. Saat berada di semester 6, mahasiswa kemudian wajib untuk magang di perusahaan luar negeri yang juga sudah memiliki kesepakatan dengan SGU.

President University

Menjadi universitas unggulan yang menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berjiwa wirausaha, multikultural dan berwawasan global adalah visi President University. Kampus yang berlokasi di kawasan industri Jababeka ini resmi menjadi universitas pada 16 April 2004 dan menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia dengan terakreditasi A. Mengutip dari laman resminya, President University memiliki 4 fakultas, yakni Faculty of Business, Faculty of Computer Science, Faculty of Engineering, dan Faculty of Humanities. Sementara, beberapa jurusannya antara lain, Business Administration, Visual Communication Design, Environmental Engineering, International Relations, dan Primary School Teacher Education.

Seluruh perkuliahan di kampus ini dilakukan dalam bahasa Inggris. Terkait hal ini, jumlah mahasiswa internasional di President University merupakan salah satu yang tertinggi di antara semua universitas di Indonesia. Fasilitas yang ada di President University, selain asrama bagi mahasiswa, kampus ini juga menawarkan program pertukaran mahasiswa internasional, program magang di Indonesia dan luar negeri, praktik bisnis, berbagai lab, dan puluhan kegiatan kemahasiswaan.

Biaya kuliah di President University per semester sekitar Rp32 juta. Angka ini berlaku untuk semua jurusan, namun belum termasuk biaya asrama bagi mahasiswa baru. Untuk membantu mahasiswa, kampus ini memiliki beasiswa yang dapat diperoleh dari jalur tes, jalur rapor, maupun jalur prestasi.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 5 Kampus Swasta Termahal di Indonesia, Nomor 3 Biayanya sampai Rp600 Jutaan

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut