get app
inews
Aa
Read Next : Mudik Gratis Polda Sumut bersama Mahasiswa di Jakarta

Daftar Kampus Swasta Termahal di Indonesia, Apa Saja?

Kamis, 17 November 2022 | 12:00 WIB
header img
Ilustrasi kampus. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Universitas atau kampus swasta menjadi salah satu pilihan bagi calon mahasiswa yang tak lolos ke perguruan tinggi negeri. Meski begitu, deretan kampus ini juga dikenal dengan kualitas terbaik bagi mahasiswanya.

Berikut kampus-kampus swasta termahal di Indonesia yang dirangkum tim MNC Portal Indonesia:

Universitas Trisakti

Trisakti adalah salah satu universitas di Indonesia yang mematok biaya pendidikan selangit. Universitas ini hadir dengan berbagai fakultas, seperti Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, serta Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Dari tiap-tiap fakultas tersebut, uang kuliah yang dipatok pun berbeda-beda. Biaya Universitas Trisakti mulai dari Rp17 juta untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis hingga Rp 300 juta untuk Fakultas Kedokteran. Selain itu, mahasiswa juga harus membayar biaya tambahan untuk SKS sebesar Rp325 ribu. Harga ini sama untuk seluruh fakultas. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya praktikum di Fakultas Kedokteran Gigi dan Kedokteran, dengan harga berkisar antara Rp45 juta sampai Rp50 juta.

Beriringan dengan biaya kuliahnya yang selangit, fasilitas milik Universitas Trisakti juga sangat lengkap dan mudah diakses seluruh mahasiswanya. Seperti yang tertera dalam laman FEB Trisakti, ada laboratorium bank mini dan komputer yang bisa digunakan mahasiswa. Lab bank mini tersebut berdiri di tahun 2015, buah kerja sama Trisakti dengan salah satu bank di Indonesia. Lab ini didesain sangat mirip dengan kondisi kantor pada umumnya. Sementara itu, lab komputer di fakultas ini dilengkapi dengan 9 ruangan dan 265 unit komputer, lengkap dengan sambungan jaringan internet. Ada pula perpustakaan dengan 4.000 judul buku, 12.000 naskah skripsi, dan 20 jurnal ilmiah.

Universitas Binus

Selanjutnya adalah Universitas Binus yang berada di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Malang, dan Semarang. Untuk program sarjana, Binus menyediakan beberapa fakultas, seperti Accounting and Finance, Art and Design, Business, Communication, Computing, Engineering, Hospitality and Tourism, serta Humanities. Sama seperti Trisakti, universitas ini juga mematok biaya berbeda-beda, sesuai dengan fakultasnya.

Ditilik dari daftar biaya kuliah tahun ajaran 2022/2023, biaya kuliah semester 1 yang harus dibayar adalah Rp10 jutaan sampai Rp21 jutaan per semester. Belum lagi biaya sumbangan yang berkisar antara Rp38 juta hingga Rp45 juta per mahasiswa. Karena banyaknya jumlah fakultas yang ditawarkan, maka sudah pasti fasilitas milik Binus sangat beragam dengan kualitas terbaik bagi mahasiswanya. Seperti yang dimiliki oleh Kampus Anggrek di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Melansir laman resminya, kampus ini mempunyai perpustakaan dengan koleksi terlengkap. Tentunya, dapat membantu mahasiswa dalam melaksanakan pendidikannya. Apalagi, area perpustakaan ini terbagi menjadi 2, yakni outdoor dan indoor, dan masing-masing dilengkapi dengan komputer. Kampus ini juga dilengkapi dengan food court dengan menu makanan menarik. Ditambah, laboratorium resto dan kitchen plus bar mini dan mesin kopi mahasiswa manajemen perhotelan.

Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan (UPH) juga merupakan salah satu universitas swasta termahal di Indonesia. Untuk Fakultas Kedokteran, uang yang wajib dibayarkan mahasiswa adalah Rp697 juta. Jumlah tersebut sudah mencakup keseluruhan semester. Sementara itu di fakultas lain, seperti seni, pariwisata, sains dan teknologi, serta sosial dan bisnis, mematok harga yang berkisar antara Rp179 juta sampai Rp225 jutaan. Berbagai fasilitas terbaik disiapkan pihak kampus agar mahasiswanya bisa melakukan aktivitas non-akademik dengan maksimal. Contohnya adalah lapangan basket, lapangan futsal, gedung badminton, kolam renang, lapangan sepak bola, ruang billiar, dan ruang kebugaran. Selain itu, ada juga klinik kesehatan dan klinik Hope yang digunakan sebagai ruang konseling bagi mahasiswa.

UPH juga memiliki museum. Fasilitas ini bermanfaat bagi publik dengan menanamkan pemahaman seni dan nuansanya. Selain museum, ada pula fasilitas kantin dan koperasi. Untuk menunjang kegiatan akademik siswa, perpustakaan UPH hadir dengan beragam macam buku, jurnal, dan materi lainnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut