get app
inews
Aa Read Next : Sikat Gigi di Siang Hari Membatalkan Puasa? Simak Penjelasan Ahli

Perhatikan, Ini Tips Memilih Sikat Gigi yang Benar, Nomor 1 Banyak Dianjurkan Dokter Gigi

Selasa, 18 Oktober 2022 | 12:00 WIB
header img
Memilih sikat gigi. (Foto: Istimewa)

iNewsMedan.id - Memilih sikat gigi yang benar merupakan salah satu cara terbaik untuk merawat gigi dan gusi.

Namun, ada berbagai jenis sikat gigi yang semuanya membuat klaim tentang bagaimana mereka membantu merawat gigi anda, sehingga memilih sikat gigi yang tepat untuk situasi gigi tertentu tidak selalu mudah.

Seberapa Sering Harus Mengganti Sikat Gigi?

Dengan sikat gigi baru, terbukti menghilangkan plak hingga 30% lebih banyak daripada sikat gigi yang berumur tiga bulan, mengganti sikat gigi anda secara teratur sangat penting untuk menjaga tingkat kebersihan mulut yang tinggi secara konsisten. Pakar gigi menyarankan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan, atau ketika bulu mulai terlihat aus.

Tips memilih sikat gigi yang Benar

Untuk mendapatkan kebersihan rongga dan mulut yang baik, menyikat gigi adalah salah satu caranya. Memilih sikat gigi yang nyaman dan benar, perlu diperhatikan beberapa hal-hal berikut ini

1 Ukuran kepala Sikat

Anda akan melihat berbagai kepala sikat yang tersedia, tetapi dengan memilih sikat berkepala kecil akan memudahkan untuk menjangkau ke bagian mulut yang lebih sulit untuk diakses. Untuk alasan ini, banyak dokter gigi juga menganjurkan sikat gigi berkepala bulat, karena tidak ada sudut tambahan yang harus dihadapi!

2 Desain Bulu

Desain bulu sama pentingnya dalam memilih sikat gigi. Semakin banyak produsen sekarang memproduksi kepala dengan berbagai ukuran bulu, yang sangat berguna untuk masuk ke celah yang lebih dalam antara gigi dan lokasi yang sulit dijangkau.

3 Ketegasan Bulu

Sebagian besar orang masih mempertahankan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras atau kaku. Padahal, bulu yang keras justru dapat merusak gigi dan gusi Anda. Alih-alih menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras, pilihlah bulu sikat yang lembut yang akan sama efektifnya dalam membersihkan gigi, dan akan melakukannya tanpa mengiritasi gusi atau berkontribusi pada penurunan garis gusi.

4 Pegangan

Ketika anda mempertimbangkan bahwa anda harus menyikat gigi setidaknya selama dua menit yang disarankan setiap kali, pegangan yang nyaman dan aman harus menjadi prioritas. Ada banyak varietas yang tersedia, jadi pilih saja mana yang paling mudah untuk membersihkan gigi Anda.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut