get app
inews
Aa Read Next : Kadis Kesehatan Deliserdang: Olahraga Pondasi Kesehatan

Terungkap, Ini Penyebab Bau Mulut saat Bangun Tidur, Nomor 4 Punya Penyakit Tertentu

Selasa, 04 Oktober 2022 | 15:20 WIB
header img
Bau mulut saat bangun tidur (Foto: Advenced dental grup)

iNewsMedan.id - Bakteri yang dihasilkan dari makanan yang kita makan sebelum tidur dan gaya hidup mengakibatkan penumpukan pada bagian mulut seperti gusi, lidah dan gigi. Sehingga, ketika bangun tidur menimbulkan bau mulut.

Meski bau mulut bau merupakan penyakit serius tapi sangat mengganggu orang sekitar serta menurunkan rasa percaya diri. Untuk itu penting sekali mengenali penyebab bau mulut supaya bisa menentukan penanganan yang tepat.

Sebenarnya mengatasi bau mulut ketika bangun tidur bisa diatasi dengan menggunakan berbagai produk perawatan mulut yang tepat. Saat ini sudah banyak produk perawatan gigi guna mengatasi permasalahan bau mulut. Lantas, kenapa setiap bangun tidur kita mengalami bau mulut?

1. Mengkonsumsi makanan, minuman dan obat Tertentu

Baik makanan, minuman dan obat yang kita konsumsi mengandung senyawa kimia tertentu yang menyebabkan mulut kita bau. Ketika memasukan makanan, tubuh akan menyerap senyawa yang terkandung di dalamnya, mengalirkannya lewat darah dan menghembuskannya melalui paru-paru.

Itulah mengapa saat kita bangun tidur sering kali nafas kita menjadi bau. Selain makanan dan minuman, obat seperti diuretik, antihistamin dan antipsikotik juga mengundang bau mulut.

2. Mulut kering

Kurangnya produksi saliva atau air liur pada mulut membuat mulut kering. Sebab saliva berperan sebagai pembersih mulut yang dapat menghalau bakteri masuk. Biasanya ketika tidur produksi saliva menurun inilah yang menyebabkan mulut bau.

3. Merokok

Kebiasaan merokok juga menyebabkan mulut menjadi bau. Sebab kebiasaan merokok menghambat produksi air liur dan membuat mulut menjadi kering. Semakin kering mulut makan semakin banyak juga bakteri yang bersarang.

4. Punya penyakit tertentu

Ada beberapa penyakit menjadi penyebab bau mulut seperti penyakit gusi. Selain gigi, gusi juga menjadi sumber utama bau mulut ketika mengalami radang. Saat radang bakteri akan berkumpul pada gusi.

Selain penyakit gusi ada beberapa penyakit lain yang menjadi sumber utama bau mulut seperti kanker, diabetes, liver, gagal ginjal dan alergi.

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone dengan judul Apa Penyebab Bau Mulut saat Bangun Tidur?

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut