get app
inews
Aa Read Next : Kejati Sumut Ajak Kepala Desa se-Kecamatan Sibolangit Bijak dalam Mengelola Dana Desa

Aksi di Kejati Sumut, Komunitas Pemuda Minta Kasus Dugaan Pungli KIP di UINSU Diusut

Senin, 10 Oktober 2022 | 22:39 WIB
header img
Komunitas Pemuda meminta Kejati Sumut mengusut kasus dugaan pungli KIP di UINSU. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Puluhan Pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Prestasi melakukan aksi unjuk rasa di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara yang berada di Jalan AH Nasution, Medan, Senin (10/10/2022). 

Dalam aksi itu, mereka meminta Kejati Sumut mengusut adanya dugaan pungli bantuan Dana Kartu (KIP) untuk mahasiswa di lingkungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). 

Koordinator aksi, Canra Muda menyorot adanya mafia Dana KIP yang diduga dilakukan pejabat Fakultas Syariah dan Hukum di UINSU. 

"Kami meminta Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara memeriksa oknum Wakil Dekan, Pejabat Fakultas Hukum dan Syariah UIN SU yang diduga melakukan pungli beasissa bantuan KIP untuk mahasiswa," ucap Canra Muda.

Canra menyampaikan, praktik dugaan pemotogan Dana KIP di UIN Sumut tersebut sudah berlangsung sejak 2019 hingga 2022. "Atas Perbuatan Oknum-oknum yang kami duga tersebut, sebagaimana identitasnya telah kami sampaikan dalam bentuk Laporan Pengaduan Resmi ke pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, maka secara simulasi kami perhitungkan kerugian Negara Mencapai Tiga Milyar Tiga ratus enam puluh juta Rupiah," ujarnya. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut