get app
inews
Aa Read Next : Doa Meminta Perlindungan Allah dari Bencana Sesuai Sunnah Nabi Dibaca 3 Kali, Insya Allah Makbul

KNPRBBK XV Dorong Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas Jadi Bagian Penting dari Pembangunan

Rabu, 05 Oktober 2022 | 17:41 WIB
header img
KNPRBBK XV mendorong pengelolaan risiko bencana berbasis komunitas menjadi bagian penting dari pembangunan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Konferensi Nasional Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (KNPRBBK) XV, hari kedua mengulas perkembangan inisiatif-inisiatif PRBBK kini dan nanti, di tingkat komunitas maupun pemangku kebijakan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Sidang Komite dan Pleno I tentang kebijakan strategis dan fokus sasaran untuk Peta Jalan PRBBK Indonesia, Risma Sunarty, saat merangkum sesi sidang. Selasa (4/10/2022).

"Inisiatif tersebut mencakup penyusunan Peta Jalan PRBBK di Indonesia, pengintegrasian PRBBK dalam sektor pendidikan dan upaya menghadapi krisis iklim, pembangunan dan kemunculan risiko baru, serta penelitian tentang PRBBK," jelasnya.

Risma menambahkan, bahwa pihaknya masih perlu mendorong sinergitas dan harmonisasi kebijakan penanggulangan bencana di Indonesia.

"Selain itu, pengelolaan risiko bencana berbasis komunitas harus memiliki nilai tambah yang selaras dengan sektor-sektor pembangunan lainnya, khususnya sektor ekonomi yang menopang penghidupan masyarakat, sehingga mampu membangun ketangguhan mereka," sebutnya.

"Hadirnya PRBBK di Indonesia, baik dalam Peta Jalan yang strategis dan terfokus maupun secara lintas-sektor untuk menghadapi risiko-risiko bencana termasuk krisis iklim, mutlak dibutuhkan sebagai bagian dari pembangunan," tambahnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut