get app
inews
Aa Read Next : Pj Sekda Medan Pimpin Rapat Progres Pembangunan Islamic Centre

KNPRBBK XV Dorong Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas Jadi Bagian Penting dari Pembangunan

Rabu, 05 Oktober 2022 | 17:41 WIB
header img
KNPRBBK XV mendorong pengelolaan risiko bencana berbasis komunitas menjadi bagian penting dari pembangunan. (Foto: Istimewa)

Kemudian, lanjut Risma, dalam hal ini, KNPRBBK XV memiliki kontribusi penting dalam mendukung terintegrasinya program-program dan arah kebijakan pengelolaan risiko bencana di Indonesia, juga memperkuat pembagian peran antara aktor-aktor dari berbagai sektor.

"Hal ini turut menjadi sorotan dalam dua diskusi tematik, sesi bincang-bincang, juga Ignite Stage di hari kedua KNPRBBK XV," ucapnya.

Lalu, ujar Risma, diskusi tentang PRBBK di sektor pendidikan, untuk menggarisbawahi pentingnya peran lingkungan di luar sekolah untuk mendukung program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

"PRBBK juga dibutuhkan untuk membangun tata kelola yang tangguh menghadapi krisis iklim, mulai dari pengelolaan emisi karbon, menciptakan resiliensi di perkotaan, hingga kolaborasi untuk meningkatkan kesadaran kesiapsiagaan bencana di masyarakat," terangnya.

"Tata kelola juga menjadi poin penting dalam bincang-bincang tentang pembangunan dan kemunculan risiko baru. Pasalnya, tata kelola pembangunan yang tidak tertib dalam hal AMDAL dapat berakibat hilangnya sumber penghidupan masyarakat lokal, meningkatnya risiko bencana, hingga tindakan represif pemilik modal terhadap penolakan warga," tandasnya.

Sementara itu, Data Analyst Cerdas Antisipasi Risiko Bencana (CARI), Atik Nurul Aini dan Ainur Ridho, dalam Ignite Stage bertajuk Selayang Pandang Penelitian tentang PRBBK di Indonesia, menyampaikan, bahwa salah satu cara mendorong hadirnya PRBBK sebagai bagian penting dari pembangunan adalah penelitian.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut