get app
inews
Aa
Read Next : Antusias Ratusan Emak-emak Antre Sembako Murah

Puncak Panen Raya Makin Dekat, Harga Cabai Terbenam

Rabu, 28 September 2022 | 11:45 WIB
header img
Puncak panen raya makin dekat, harga cabai terbenam. (Foto: Isnaini Kharisma/iNewsMedan).

MEDAN, iNewsMedan.id - Pasokan cabai saat ini mulai berlimpah dan datang dari sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) maupun di luar Sumut, seperti dari Aceh dan Pulau Jawa. Dari sejumlah titik produksi cabai akan memasuki musim panen awal saat ini maupun awal Oktober 2022 mendatang.

Salah satu pedagang di Pasar Halat Medan, Emy mengatakan, harga cabai pada September ini terus mengalami penurunan khususnya cabai merah. Kini harganya merosot hingga Rp32.000 per kilogram.

"Harga yang terus menurun itu disebabkan pasokan barang yang melimpah sehingga bisa memenuhi permintaan dari konsumen. Untuk pasokan barang, setiap hari kami menyediakan dari 50 hingga 100 kilogram," katanya di Medan, Rabu (28/9/2022).

Sebelumnya, Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin menuturkan, pihaknya telah melakukan observasi di lapangan dan sejumlah responden (pedagang besar) menunjukkan data yang mengkuatirkan, yakni peningkatan stok cabai merah sekitar 30 persen dibandingkan dengan stok sebelumnya saat harga masih berada di atas Rp70.000 an per kilogram. 

Untuk harga di tingkat petani saja sudah mencapai Rp22.000 per kilogram, sementara di tingkat pengecer Rp30.000 per kilogram. Bahkan, yang lebih mengkuatirkan lagi, titik puncak panen raya cabai belum terjadi saat ini dan diperkirakan akan terjadi pada Oktober mendatang.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut