Logo Network
Network

Apa Saja Sejarah Kelam Indonesia? Berikut Ulasannya

Faqihah Husnul Khatimah
.
Sabtu, 24 September 2022 | 13:00 WIB
Apa Saja Sejarah Kelam Indonesia? Berikut Ulasannya
Museum Pancasila Sakti di Lubang Buaya (Foto: Erika/Okezone)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Sejarah kelam Indonesia merupakan bagian penting dalam perjalanan bangsa ini. Mengingat, sejarah kelam Indonesia telah merenggut banyak korban. 

Indonesia telah mengalami banyak peristiwa penting hingga setelah kemerdekaan. Peristiwa tersebut sangat membekas di masyarkat.

Sejumlah peristiwa kelam itu ada yang diperingati setiap tahunnya. Peringatan ini diharapkan agar masyarakat Indonesia selalu mengingatnya. 

Berikut deretan sejarah kelam Indonesia: 

1. Peristiwa G30S/PKI 

Merupakan bagian dari sejarah kelam Indonesia. Peristiwa ini ditandai dengan pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pemberontakan dipimpin oleh Dipa Nusantara Aidit. PKI melakukan pemberontakannya pada 30 September 1965 pada malam hingga dini hari.  

Tujuan utama pemberontakan, PKI ingin mengubah ideologi bangsa Indonesia, Pancasila menjadi komunis. Masa ini juga dikenal buruknya hubungan TNI dan PKI karena adanya berbagai pertentangan. 

Dalam sejarah kelam ini, para petinggi TNI Angkatan Darat (AD) menjadi korban. Mereka yang menjadi korban keganasan PKI, yaitu  Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI S. Parman, Mayjen TNI MT Haryono, Mayjen TNI Soeprapto, Brigjen TNI DI Panjaitan, Brigjen TNI Sutoyo dan Kapten Piere Tendean.  

Para pahlawan bangsa itu diculik kemudian disiksa dan dibunuh secara kejam. Jenazahnya kemudian dimasukkan ke dalam sumur tua yang dikenal dengan sebutan Lubang Buaya. 

Jenderal Besar TNI Purn. Abdul Haris Nasution yang awalnya menjadi target utama, berhasil meloloskan diri. Namun, putrinya yang masih kecil, Ade Irma Nasution tertembak kemudian meninggal dunia. Selain itu, ajudannya, yakni Kapten Piere Tendean juga menjadi korban. 

Setelah peristiwa tersebut, Soekarno memerintahkan Mayor Jenderal Soeharto untuk menumpas kader maupun simpatisan PKI. Berbagai anggota organisasi dan orang-orang yang terlibat PKI dicari dan ditangkap. 

Masyarakat juga menggeruduk markas dan bangunan-bangunan lain yang terkait dengan PKI. 

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini