5 Jenis Alat Kontrasepsi untuk Mencegah Kehamilan yang Paling Banyak Dipilih, Apa Saja?

Novie Fauziah
.
Jum'at, 23 September 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi kontrasepsi. (Foto: Shutterstock)

iNewsMedan.id - Alat kontrasepsi kerap digunakan untuk mencegah kehamilan. Selain itu, alat kontrasepsi juga disebut dapat mengurangi risiko kematian ibu dan sang bayi

Saat ini menemukan alat kontrasepsi cukup mudah, karena dijual di tempat-tempat perbelanjaan seperti minimarket. Tapi tahukah Anda, bahwa alat satu ini memiliki beberapa jenis?

Nah, dilansir dari laman Queensland Health, Jumat (5/8/2022) berikut ini lima jenis alat kontrasepsi yang bisa Anda gunakan sesuai pilihan dan paling banyak dipilih.

1. Kondom: Alat kontrasepsi satu ini mungkin umum diketahui. Benda ini elastis dan dipakai oleh pria di penis. Kondom berfungsi sebagai penghalang masuknya sperma menuju telur yang ada dalam wanita. Sehingga alat kontrasepsi satu ini paling banyak umum digunakan, bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan. Namun, kondom juga memiliki risiko karena bisa saja robek ketika sedang bercinta dengan pasangan. Hal ini juga dapat menyebabkan masuknya sperma ke dalam telur yang ada pada wanita.

2. Pil kontrasepsi oral: Alat kontrasepsi satu ini umumnya disebut pil KB, untuk menahan rahim agar tidak mudah hamil setelah berhubungan seks dengan pasangannya. Para wanita di Australia contohnya, disebutkan cukup sering memilh pil sebagai pencegah kehamilannya. Meminum pil ini banyak manfaat yang akan didapatkan, asal Anda mengonsumsinya sesuai anjuran dokter. Ingat jangan sampai sembarangan meminum pil satu ini. Sebagian juga ada yang tidak cocok menggunakan alat kontrasepsi ini loh!

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini