get app
inews
Aa Read Next : Deretan Artis yang Banting Setir Jadi Pedagang, Ada Pangky Suwito hingga Epy Kusnandar

Manfaatkan Resi Gudang, Berikut Keuntungan Bagi Peternak Ayam Potong

Rabu, 21 September 2022 | 18:52 WIB
header img
Resi Gudang Kliring Berjangka Indonesia. (Foto : Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Ketersediaan stok akhir daging ayam di Indonesia pada 2022 diperkirakan mengalami surplus sebesar 903.267 ton. Adapun data dari Kementerian Pertanian menunjukkan, produksi daging ayam tahun 2022 ini diproyeksikan mencapai 4,098 juta ton yang terdiri dari 20 ribu ton stok awal tahun dengan total produksi tahun 2022 diperkirakan mencapai 4,078 juta ton.

Sementara itu, untuk total kebutuhan secara nasional tahun 2022 diperkirakan mencapai 3,195 juta ton.

Terkait proyeksi surplus daging ayam tersebut, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), Fajar Wibhiyadi mengatakan, ada baiknya para pengusaha ayam potong memanfaatkan resi gudang. Dengan instrument ini, para pengusaha dapat menyimpan ayam potongnya dalam bentuk ayam karkas beku. Selanjutnya pengusaha dapat menjaminkan resi gudang yang dimiliki untuk mendapatkan pembiayaan dari lembaga pembiayaan. Melalui mekanisme ini, pengusaha ayam potong dapat menjaga keberlangsungan usahanya, setelah memperoleh pembiayaan," katanya, Rabu (21/9/2022).

Fajar menjelaskan, pihaknya sebagai Pusat Registrasi Resi Gudang bersama dengan para pemangku kepentingan di Sistem Resi Gudang akan terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan pelaku usaha di perdagangan ayam potong, terkait manfaat pemanfaatan resi gudang. 

"Dari pemahaman yang baik tentang resi gudang dari para pelaku industri ayam potong, harapannya kedepan pemanfaatan resi gudang ayam karkas beku terus meningkat," jelasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut