get app
inews
Aa Read Next : Dipecat PDIP, Gibran: Ya Gak Apa-apa

Wanti-wanti Pelaku UMKM, Jokowi: Jangan Pakai Pinjaman Bank untuk Beli Mobil-Motor 

Rabu, 31 Agustus 2022 | 12:50 WIB
header img
Presiden Jokowi wanti-wanti pelaku UMKM: Jangan pakai pinjaman bank untuk beli mobil-motor. Foto: YouTube Sekretariat Presiden


Jokowi memberikan pesan tersebut kepada pelaku UMKM karena dari pengalamannya dahulu, ada temannya yang justru gagal berbisnis karena menggunakan pinjaman bank yang seharusnya untuk usaha justru dibelikan mobil.  

"Karena teman-teman saya dulu saat saya masih UMKM banyak yang jatuh dan enggak bisa bangun karena keliru ngitung kemudian pinjem untuk beli mobil. Beli mobil senengnya hanya 6 bulan, enggak bisa nyicil bank, enggak bisa nyicil ke dealer. Mobilnya diambil banknya. Jangan seperti itu, gunakan pinjeman bank semuanya untuk modal usaha, modal kerja modal investasi," ujarnya. 

Jokowi pun menceritakan awal menjadi pelaku UMKM, bunga bank pada saat itu berbeda dengan sekarang. Saat ini bunga bank hanya sekitar 3 persen karena disubsidi pemerintah. 

"Saya dulu ingat pertama kali berusaha saya pinjem Rp30 juta ke bank tapi bunganya enggak kayak KUR sekarang, bunganya mahal dulu. KUR sekarang bunganya berapa? Tiga persen tapi itu disubsidi pemerintah supaya usaha mikro usaha kecil kita bisa berkembang dengan cepat. Jadi segera manfaatkan yang namanya NIB ini kemudian akses ke permodalan yang namanya KUR," ujarnya.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut