get app
inews
Aa Read Next : Dongkrak Ekonomi dan Pariwisata, Pelindo Multi Terminal Layani Kapal Pesiar Sandar di Pelabuhan

10 Daftar Provinsi Terkecil di Indonesia, Ada DKI Jakarta dan Kepulauan Riau

Senin, 22 Agustus 2022 | 17:30 WIB
header img
Provinsi terkecil di Indonesia. Apa saja? (Foto: ilustrasi)

Bali 

Di urutan selanjutnya, provinsi terkecil di Indonesia adalah Bali. Bali merupakan provinsi sekaligus salah satu pulau yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain kekayaan alam yang indah, kultur budaya Bali juga menarik. Bali hanya memiliki luas lahan sebesar  5.780,06 km2.  

Kepulauan Riau 

Kepulauan Riau merupakan provinsi dengan luas wilayah terkecil keempat di Indonesia. Luas wilayah di Provinsi ini yakni  8.201,72 km2. Dengan banyak gugus pulau yang ada di provinsi ini, menjadikan sektor bahari sebagai mata pencaharian utama masyarakat seperti nelayan atau sektor pariwisata bahari yang menjadi andalan. 

Banten 

Banten merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki luas wilayah terkecil kelima. Provinsi ini merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia, karena merupakan pecahan dari Jawa Barat. Luas wilayah Provinsi Banten sebesar 9.662,92 km2. 

Gorontalo 

Provinsi terkecil di Indonesia berikutnya yakni adalah Gorontalo dengan luas wilayah sebesar 11.257,07 km2. Provinsi ini merupakan pecahan dari Provinsi Sulawesi Utara yang membuat pemerintahan baru dan otonomi daerah.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut