get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

6 Dampak Buruk Makan dan Minum Sambil Berdiri, Nomor 3 Gangguan Pencernaan

Senin, 22 Agustus 2022 | 17:00 WIB
header img
Ilustrasi Makan dan Minum Tidak Boleh Berdiri (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kebiasaan makan dan minum sambil berdiri memang cenderung dianggap tidak sesuai dengan norma kesopanan yang ada di masyakarat umum, terutama bagi pemeluk agama Islam. 

Dikatakan dalam hadist riwayat muslim, Rasulullah SAW bersabda bahwa makan sambil berdiri itu lebih parah dan lebih jelek. "Dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri." Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), "Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?" Anas menjawab, "Itu lebih parah dan lebih jelek." (HR. Muslim no. 2024).

Namun, dilihat dari sisi medis, ternyata kebiasaan ini juga memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh, loh. Apa saja?  

Dihimpun dari situs Healthline dan Healthshots, Minggu (21/8/2022), ini alasan kenapa makan dan minum tak boleh berdiri:  

1. Makan secara berlebihan 

Sebuah penelitian mengungkap makan sambil berdiri bisa membantu membakar kalori lebih banyak sehingga dianggap efektif menurunkan berat badan. Namun di sisi lain, makan sambil berdiri justru membuat orang cenderung mengasup makanan lebih banyak. Ketika makan sambil berdiri, orang cenderung makan lebih cepat dan banyak. Berbeda dengan saat makan dalam keadaan duduk, orang makan lebih perlahan dan terkontrol. Beberapa penelitian membuktikan, makan secara perlahan dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang. Jadi, makan sambil duduk membantu mengurangi resiko makan berlebih. 

2. Kembung

Makan sambil berdiri dapat memperbesar risiko perut kembung. Orang yang makan dengan cepat, sambil berdiri maupun berjalan-jalan dapat membuat sistem pencernaan mengolah makanan 30 persen lebih cepat. Bukannya baik, kondisi ini justru meningkatkan kemungkinan pencernaan yang buruk, sehingga menyebabkan perut kembung. Ketika mengalami perut kembung, tentu saja akan terasa tidak nyaman. 

3. Gangguan pencernaan 

Minum air sambil berdiri bisa mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan Anda. Itu karena ketika Anda berdiri dan minum air, air mengalir dengan kekuatan dan kecepatan yang besar melalui saluran makanan dan langsung jatuh ke perut bagian bawah, yang berbahaya. "Saraf menjadi tegang ketika seseorang minum air dengan cepat sambil berdiri, yang mengganggu keseimbangan cairan, menyebabkan peningkatan racun dan gangguan pencernaan," kata Dr Vipul Rustgi, dokter umum yang berbasis di Delhi.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut