get app
inews
Aa Read Next : Dukung Coinfest 2024, Upbit Indonesia Soroti Inovasi Blockchain di Indonesia dan Asia

Inilah Tradisi Unik 17 Agustus di Berbagai Daerah Indonesia, Ada Karapan Kambing

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:00 WIB
header img
Tradisi Unik 17 Agustus di Berbagai Daerah Indonesia

Lomba Dayung - Banjarmasin

Di daerah Banjarmasin ada tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah Indonesia, yakni lomba dayung. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak dahulu kala. Kegiatan loma ini selalu dilakukan di sungai Martapura. Selain bertujuan untuk meriahkan dalam hari kemerdekaan, lomba ini juga bertujuan untuk mencari atlet dayung terbaik. 

Pacu Kuda - Aceh

Tradisi unik yang terakhir adalah Pacu Kuda di daerah Aceh. Tradisi ini merupakan kegiatan permainan masyarakat yang sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Kemudian, pada tanggal 1956, permainan pacu kuda ini resmi diambil kekuasaannya oleh pemerintah setempat.

Setelah diambil alih oleh pemerintah, masyarakat Aceh beranggapan bahwa permainan pacu kuda menjadi bentuk perjuangan rakyat untuk mendapatkan kemerdekaan. Hal inilah yang menjadikan permainan pacu kuda diselenggarakan setiap tanggal 17 Agustus. 

Itulah 11 tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah Indonesia yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kamu ya. Semangat belajar.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut