get app
inews
Aa Read Next : Dukung Coinfest 2024, Upbit Indonesia Soroti Inovasi Blockchain di Indonesia dan Asia

Inilah Tradisi Unik 17 Agustus di Berbagai Daerah Indonesia, Ada Karapan Kambing

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:00 WIB
header img
Tradisi Unik 17 Agustus di Berbagai Daerah Indonesia

Barikan - Malang

Kegiatan 17 Agustus di Malang berbeda lagi. Sebab, di Malang melakukan tradisi yang bernama barikan, yakni acara syukuran yang diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus di malam hari.

Acara syukuran ini biasanya diadakan oleh setiap kampung dan diadakan doa hingga makan bersama sambil merenungkan kemerdekaan Indonesia dan bersilaturahmi antar masyarakat.  

Obor Estafet - Semarang

Obor estafet merupakan tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah Indonesia dari Semarang. Perayaan 17 Agustus ini sudah dilakukan sejak dulu setiap tanggal 17 Agustus, dengan cara membawa obor sambil lari.

Biasanya yang mengikuti lomba lari obor estafet ini adalah para atlet terbaik di Semarang. Menggunakan obor sebagai objeknya, karena obor dianggap sebagai bentuk semangat para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia. 

Telok Abang - Palembang

Telok abang merupakan mainan khas yang dibuat oleh orang Palembang sebagai tradisi untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Telok abang adalah mainan berbentuk kapal laut, pesawat terbang, atau kereta yang terbuat dari bahan gabus dan dihiasi oleh  tempelan berwarna-warni.

Konsep 17 Agustus yang menarik ini adalah mainan ini diberi telur rebus yang terletak di bagian tengah kapal dan diberi warna merah. Mainan ini hanya ada pada tanggal 17 Agustus. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut