get app
inews
Aa Read Next : Dukung Coinfest 2024, Upbit Indonesia Soroti Inovasi Blockchain di Indonesia dan Asia

Inilah Tradisi Unik 17 Agustus di Berbagai Daerah Indonesia, Ada Karapan Kambing

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:00 WIB
header img
Tradisi Unik 17 Agustus di Berbagai Daerah Indonesia

JAKARTA, iNewsMedan.id -  Tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah Indonesia tentu dilakukan setiap tahunnya untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia. 

Tradisi adalah sebuah kata yang terdengar dan terdapat di segala bidang. Tradisi dapat diartikan sebagai kata yang mengacu pada adat atau kebiasaan yang sudah turun-temurun atau peraturan yang sudah dijalankan oleh sekelompok masyarakat sejak dulu hingga sekarang. 

11 Tradisi Unik 17 Agustus di Berbagai Daerah Indonesia 

Ada beberapa tradisi unik 17 Agustus yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat di berbagai daerah Indonesia, diantaranya sebagai berikut. 

Tutunggulan - Jawa Barat

Tutunggulan merupakan kegiatan yang masih diselenggarakan di desa wisata Lembur Kahuripan, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan kegiatan menumbuk padi yang tidak dilakukan setiap hari, melainkan hanya dilakukan pada hari atau acara khusus, seperti penyambutan tamu, acara hajatan atau syukuran, dan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.  

Peresean - Lombok

Di daerah Lombok, tradisi peresean ini dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Dalam kegiatan peresean ini terdapat pertemuan antara dua budaya Muslim Sasak dan Hindu Bali, serta pepadu pendukung. 

Bahkan tarian tradisional Bali yang biasa dibawakan sebagai pembuka sebelum acara berlangsung. Kegiatan Peresean dilakukan dalam memeriahkan kegiatan 17 Agustus dan sebagian juga memiliki anggapan sebagai ritual dalam meminta hujan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut