get app
inews
Aa Read Next : Akun Instagram Federasi Sepak Bola Guinea Hilang Usai Digempur Netizen Indonesia

Ini 9 Kota dengan Tingkat Stres Tertinggi di Dunia, Salah Satunya Jakarta

Selasa, 16 Agustus 2022 | 17:30 WIB
header img
Hidup di kota besar banyak tekanan dan bikin stres (Foto: Financial times)

iNewsMedan.id - Hidup di kota besar tentu memiliki tantangan dan juga tekanan dari berbagai aspek. Seperti, tekanan dari kantor, dan kebutuhan ekonomi yang meningkat. Maka, hal yang wajar jika ada sejumlah kota dicap sebagai kota dengan tingkat stres tertinggi di dunia.

Bahkan, mengutip dari instagram Peponi Travel, Ibu Kota Indonesia masuk ke dalam salah satu jajaran kota dengan tingkat stres tertinggi di dunia!

Perlu diketahui, stres yang tinggi berbahaya bagi otak. Sebab stres juga memicu pusat ketakutan di otak, bagaimana caranya?

Stres memberi tahu tubuh Anda bahwa Anda berada dalam mode fight-or-flight, bahkan dalam situasi sehari-hari seperti bekerja atau mengendarai mobil. Hal ini akan mengirimkan banjir kortisol, hormon stres, ke dalam tubuh Anda untuk "merespon" stres.

Seiring waktu, peningkatan kadar hormon stres dapat menyebabkan serangkaian efek yang tidak diinginkan, seperti tekanan darah tinggi, peningkatan peradangan, berkurangnya aliran darah ke jantung, risiko serangan jantung dan risiko stroke yang bisa menyerang otak. Berbahaya ya guys, makanya harus diimbangi dengan hidup sehat dan mengurangi level stres.

Lalu kota-kota mana saja paling bikin stres di dunia?

1. Mumbai, India

Berdasarkan Stressful Cities Index oleh situs Vaay, Mumbai India memiliki polusi udara dan cahaya yang cukup tinggi. Sementata keamanan sosialnya justru cenderung rendah.

Fasilitas kesehatan di Mumbai, India pun, masih belum begitu baik. Ditambah lagi tingkat kemacetan di sana pun tak main-main.

2. Lagos, Nigeria

Kota Lagos di Nigeria menempati urutan kedua sebagai kota dengan tingkat stress tertinggi di dunia. Mengapa? Fasilitas kesehatan di kota tersebut masih memiliki nilai yang terbilang rendah.

Tingkat keamanannya pun dipertanyakan. Pasalnya, dari segi keamanan Lagos hanya mendapat skor 18.3 dari 100.

3. Manila, Filipina

Masalah yang dijumpai di kota Manilla, Filipina mampu membuat penduduknya mengalami stress. Sebut saja tingkat kemacetan yang parah maupun keamanan yang skornya cuman mencapai 29.8 dari 100.

Di samping itu, kepadatan penduduknya juga cukup tinggi. Bayangkan saja, ada 20.784 orang per kilometer persegi.

4. New Delhi, India

Lagi-lagi kota di India masuk ke dalam jajaran daerah dengan tingkat stress tertinggi. Jika urutan pertama diduduki oleh Mumbai, kali ini ada New Delhi.

Polusi udara dan kemacetan menjadi penyebab dari timbulnya stress. Tingkat keamanan rendah pun turut menjadi masalah.

5. Baghdad, Irak

Kesetaraan gender di Baghdad masih relatif rendah. Dari segi stabilitas sosial-politik maupun kesetaraan minoritas pun juga sama.

Tak heran jika Stressful Cities Index oleh situs Vaay hanya memberikan skor 31.7 untuk kota Baghdad.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut