get app
inews
Aa Read Next : Ini 8 Ide Jualan Makanan Unik dan Menarik, Salah Satunya Pisang Madu

5 Kebiasaan Unik Orang Cerdas yang Jarang Disadari, Simak Selengkapnya

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:00 WIB
header img
Kebiasaan Unik Para Orang Cerdas (Foto: Urilux)

JAKARTA, iNewsMedan.id  - Inilah beberapa kebiasaan unik para orang cerdas yang jarang disadari. Setiap orang tentu memiliki tingkat kecerdasan atau Intelligence Quotient (IQ) yang berbeda-beda.

Kecerdasan juga tidak hanya terbatas di bidang akademik saja, melainkan juga bisa di bidang seni, olahraga, sastra, dan lain sebagainya. 

Umumnya, orang akan melakukan tes IQ untuk mengetahui tingkat kecerdasannya. Padahal, orang yang cerdas juga bisa diketahui lewat kebiasaannya sehari-hari, lho.

Berikut ini kebiasaan unik para orang cerdas yang jarang disadari.

Kebiasaan Unik Para Orang Cerdas

1. Suka Begadang

Kebiasaan unik para orang cerdas yang pertama adalah mereka begadang dan aktif di malam hari. Dikutip dari The Healthy, menurut sebuah studi dari London School of Economics and Political Science menemukan bahwa orang sering terjaga hingga larut malam ternyata memiliki IQ yang lebih tinggi.

Orang cerdas lebih aktif di malam hari karena tidak ada gangguan dan tuntutan kehidupan lainnya. Saat malam hari, orang-orang cerdas juga mampu menghasilkan ide-ide baru yang menarik.

“Mungkin sejumlah orang cerdas begadang karena jam internal mereka sangat berbeda,” kata Dr. Jonathan Wai, PhD, ilmuwan peneliti di Duke University.

“Atau, mungkin mereka begadang karena cenderung tertutup, dan suka bangun larut malam tanpa gangguan untuk berpikir dan menyelesaikan masalah.”

2. Suka Melamun

Apakah kamu termasuk orang yang suka melamun? Jika ya, maka bisa jadi kamu juga termasuk orang yang cerdas.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2013 lalu menyebutkan bahwa melamun merupakan salah satu bentuk berpikir dengan cerdas dan merupakan salah satu mental yang positif dan konstruktif. 

Dengan melamun, maka orang tersebut membiarkan otak sejenak tidak memikirkan suatu hal yang berat. Dengan begitu, hal ini dapat membantu meningkatkan pemecahan masalah dan kreativitas.

3. Berbicara pada Diri Sendiri

Meski terlihat aneh, namun nyatanya kebiasaan berbicara sendiri justru menjadi tanda bahwa seseorang tersebut cerdas.

Hal ini berdasarkan penelitian dari University of Wisconsin dan University of Pennsylvania yang mengatakan bahwa orang cerdas suka berbicara sendiri, baik dalam hati maupun tulisan. Kebiasaan tersebut tanpa disadari mendorong daya ingat dan menajamkan otak.

Selain itu, berbicara dengan diri sendiri juga dapat meningkatkan pemahaman dan pemaknaan visual seseorang. Hal tersebut dapat terjadi karena berbicara dapat memancing otak untuk menerima dan mengolah informasi dengan lebih efisien.

4. Tidak Suka Mendengar Suara Kunyahan Orang Lain

Menurut studi yang dilakukan Northwestern University, orang dengan kecerdasan tinggi cenderung tidak mampu menyaring informasi sensorik yang tidak relevan. 

Maksudnya adalah, orang tersebut dapat mendengar jelas semua yang ditangkap indera sensoriknya. Inilah yang sering disebut sebagai ‘kebocoran gerbang sensorik’.

"Gerbang sensorik yang bocor dapat membantu orang dalam mengintegrasikan ide-ide yang berada di luar fokus perhatiannya selama ini. Kemudian mereka akan mengimplementasikannya menjadi sebuah kreativitas di dunia nyata," jelas Dr. Wai seperti dikutip dari The Healthy.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut