get app
inews
Aa Read Next : Yayasan UISU dan Lemhanas Kerja Sama dalam Pemantapan Nilai Kebangsaan

UISU Gelar Coaching Clinic untuk Tingkatkan Kualitas SDM di Level Yayasan hingga Akademik

Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:27 WIB
header img
UISU Gelar Coaching Clinic untuk Tingkatkan Kualitas SDM di Level Yayasan hingga Akademik. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) terus melakukan persiapan menuju unggul, baik dalam pemenuhan sembilan kriteria akreditasi, sarana dan prasarana maupun capacity building atau peningkatan kemampuan bagi pimpinan yayasan dan akademik di lingkungan UISU.

Peningkatan kemampuan sekaligus pengetahuan, keterampilan, sikap dan prilaku dilakukan dalam kegiatan coaching clinic atau bimbingan disampaikan Ketua Umum APTISI Pusat yang juga Ketua Pembina APPERTI Pusat Prof Dr Ir HM Budi Djatmiko, MSi, MEI, pada 25-26 Juli 2024, di Le Polonia, Medan.

Tema diusung pada peningkatan kemampuan bagi organ yayasan adalah "Strategi Peningkatan Kualitas Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi", dihadiri unsur Pembina Drs H Haris Bahrum Jamil, MHum, Dr H Syahwin, MSi, Dr H Asren Nasution, MA, Ir H Rizal Fahmi Nasution, dan Ir  Hj Susi Chairunnisa.

Hadir juga unsur pengawas, dr Faisal Balatif, M.Kes (ketua pengawas), Ir Ahmad Bachori, MT, Sarudin, SAg, M.Pdi dan Andre Bachri, SH, MH. Kemudian unsur Pengurus, Ir Indra Gunawan, MP (Ketum), M Idris, SH, MH (Sekum), Ir Armansyah, MT (Bendum), Bagus Handoko, SE, MM (Kabid ADI), Zen Zuhri, SPd (Sesbid ADI), T Daudsyah, SH, MH (Kabid PK), M Sholahuddin Nasution (Sesbid PK), Dr Dani Sintara, SH, MH (Kabid OSDM), M Taufik Nasution, SH.MH (Sesbid OSDM), T Arief Hasan Delikhan, SSos, MH (Kabid DUH), Ihsan Diapari (SesBid DUH), Chairina, SSos, MSi dan M Afif, SKed (bendahara).

Sedangkan tema yang diusung Pimpinan Akademik UISU, yakni "Sinergitas Komitmen Civitas Akademika UISU dalam rangka Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi Menuju Unggul", dihadiri Rektor UISU Prof Dr Safrida, SE, MSi, Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekanat dan tujuh Pimpinan Prodi.

Hasil yang diharapkan dari peningkatan kemampuan tersebut adalah peningkatan kualitas SDM pimpinan di level yayasan dan level akademik, serta peningkatan tata kelola di lingkungan UISU, dengan berbasis pada nilai-nilai Islam, visi misi pendiri UISU dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Prof Budi Djatmiko saat memberi bimbingan dan arahan, mengawali dengan pendekatan sufistik, bahwa apa yang terjadi di muka bumi, dan apa yang terjadi pada makhluk merupakan karya (kehendak) Allah. Sehingga, menurutnya, kita perlu bertafakur, bahwa apapun kesulitan yang terjadi, pada akhirnya pasti berujung indah.

"Demikian juga UISU, karena untuk lebih maju kita butuh memutus kenyamanan," ujarnya.

Ketua Umum Yayasan UISU Indra Gunawan menyampaikan terimakasih atas kehadiran Prof Budi Djatmiko. Ia berharap coaching clinic peningkatan kemampuan pada organ yayasan dan pimpinan akademik UISU yang disampaikan tersebut bisa menjadi acuan menuju UISU unggul.

Terkait penerimaan pendaftaran mahasiswa baru UISU TA 2024 yang terus meningkat hari, Indra mengatakan perlu diimbangi dengan kesiapan semua perangkat UISU, baik di tingkat penyelenggara dan pengelolaan akademik untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak bangsa yang akan menempuh pendidikan di UISU.

Rektor UISU Prof Dr Safrida, SE, MSi sepakat dan akan terus mendorong lulusan berkualitas dengan menghasilkan lulusan yang berintegritas, spiritualitas, moral serta akhlak yang baik.

"Ke depannya UISU akan lebih memperkuat kemitraan dengan industri untuk penguatan kompetensi, sehingga alumni UISU dapat bersaing lebih kompetitif dengan PTN dan PTS secara nasional," sebutnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut