get app
inews
Aa Read Next : 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Binjai, Nomor 4 Pasar Kaget

Mengenal Sosok Pendiri Shopee, Forrest Li dan Chris Feng

Rabu, 20 Juli 2022 | 08:00 WIB
header img
Kisah Pendiri Shopee-Forrest Li  (Foto: Forrest Li)

JAKARTA, iNews.id - Shopee merupakan Marketplace place nomor satu di Indonesia saat ini. Meski populer, sosok di balik berdirinya Shopee tentu banyak yang belum mengetahui hal tersebut.

Shopee menjadi salah satu platform belanja online terkemuka yang digunakan banyak masyarakat Indonesia. Berdasarkan data Similar Web for App Performance, pengguna aktif harian Shoppe ini selama Desember 2021 saja mencapai 33,27 juta. 

Shopee telah menggeser Tokopedia sebagai platform belanja online terpopuler di Indonesia sejak tahun 2019. Lantas siapa pendiri dan pemilik marketplace yang menguasai pasar Asia Tenggara tersebut?

Berbicara mengenai sejarahnya berdirinya Shopee, ada dua sosok yang dianggap sebagai pendiri sekaligus pemilik. Kedua tokoh pendiri itu adalah nama Forrest Li dan Chris Feng. Siapakah Forrest Li dan Chris Feng serta seperti apa kisahnya? Berikut uraiannya.

Kisah Pendiri Shopee: Forrest Li 

Forrest Li saat ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Singapura. Berdasarkan data Forbes, kekayaan Li tercatat mencapai USD13,2 miliar atau sekitar Rp193 triliun. Namun sebelum mendirikan Shopee, pria bernama asli Forrest Xiaodong Li sempat mengalami pasang surut bisnis. 

Ia sempat terkenal lewat platform game online miliknya, Garena. Perusahaan induknya adalah Sea Ltd yang berbasis di Singapura serta  menaungi Shopee dan Airpay Limited.

Forrest Li lahir di Tianjin, Cina, pada tahun 1978. Ia sempat menjadi karyawan dan bekerja di Viacom Media Networks sebelum akhirnya Forrest Li bekerja di Motorola Networks Inc di Shanghai. Ia juga diketahui pernah bekerja di perusahaan produsen kaca terkemuka, Corning Inc.

Hingga pada tahun 2005, Li terinspirasi dari ceramah Steve Jobs dan mendirikan perusahaan digitalnya sendiri. Ia mendirikan GG Games di Singapura dan mencoba peruntungan berbisnis game online. Namun, bisnis game online tersebut bisa dikatakan tidak berhasil. Tak patah arang, Li bersama beberapa kolega akhirnya mendirikan Garena yang kini dikenal sebagai SEA Limited. 

Sosok Chris Feng

Di sisi lain, Chris Zhimin Feng atau dikenal sebagai Chris Feng adalah sosok yang  juga memiliki berkontribusi besar dalam lahir dan berkembangnya Shopee. 

Ia berasal dari Singapura dan pernah mengenyam pendidikan Ilmu Komputer di National University of Singapore. Chris Feng yang mendapatkan beasiswa berhasil menjadi lulusan terbaik di universitas tersebut. 

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan ke Amerika tepatnya di Stanford University, jurusan Management Science and Engineering. Chris Feng sempat tujuh tahun bekerja di perusahaan konsultan manajemen McKinsey, Frankfurt, Jerman. Setelah itu, ia kemudian pindah ke Rocket Internet. 

Di perusahaan barunya tersebut , Chris Feng Menjabat sebagai Direktur Pelaksana Regional Zalora untuk wilayah Asia Tenggara.  Chris Feng juga sempat Chief Purchasing Officer di Lazada Asia Tenggara selama tiga tahun sebelum akhirnya bergabung dengan Garena yang berada di bawah naungan perusahaan SEA Ltd milik Forrest Li. Di sana keduanya bertemu dan Chris Feng menjabat sebagai Head of Mobile Garena.

Forrest Li dan Chris Feng Mendirikan Shopee

Setelah menjadi Head of Mobile Business Garena selama setahun, Chris Feng dan Forrest Li memutuskan untuk mendirikan marketplace yang diberi nama Shopee pada tahun 2015.

Ecommerce tersebut berdiri di bawah naungan SEA Ltd yang sebelumnya bernama Garena milik Forrest Li. Chris Feng kemudian menjabat sebagai CEO di Shopee.  Marketplace awalnya mengusung konsep consumer to consumer (C2C). Namuns seiring berjalannya waktu, Shopee kini menjadi hybrid C2C dan business to consumer (B2C). 

Shopee kini telah menjadi aplikasi online shop yang banyak digunakan masyarakat Indonesia menggeser platform sejenis yang sebelumnya telah ada. Ecommerce ini bahkan telah berhasil menguasai pasar Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Thailand, Taiwan, dan Taiwan, Malaysia, dan Filipina. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut