get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

Apa Penyebab Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi? Berikut Penjelasannya

Senin, 18 Juli 2022 | 11:30 WIB
header img
Ilustrasi jantung berdebar setelah minum kopi. (Foto istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Apa penyebab jantung berdebar setelah minum kopi? Nah, Artikel ini akan membahasnya. Simak selengkapnya.

Mengapa jantung berdebar setelah minum kopi? Sebelumnya kita sudah tahu bahwa kopi menjadi minuman favorit banyak orang di dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, banyak pula orang yang menjadikan minum kopi sebagai rutinitas keseharian.

Tidak jarang, ada yang merasakan jantung berdebar setelah minum kopi. Baik itu yang baru saja mencoba minum kopi maupun peminum kopi reguler. Lantas apa sih penyebabnya? 

Melansir dari SF Gate, Minggu (17/7/2022), kafein pada kopi dapat memberikan reaksi tertentu bagi tubuh peminumnya. Salah satunya, jantung berdebar setelah minum kopi, ini penyebabnya:

Diketahui kafein dalam kopi memicu sistem saraf simpatik. Sistem ini membuat tubuh bereaksi dengan melepaskan energi ke otot, meningkatkan kewaspadaan mental, dan meningkatkan aliran darah ke ekstremitas dengan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. 

Sebagian besar waktu perubahan ini kecil, tetapi terkadang irama jantung cukup terganggu. Semisal Anda merasakan detak ekstra atau detak jantung yang cepat dan berdebar kencang.

Kelebihan kafein merupakan salah satu penyebab umum jantung berdebar, dan beberapa orang akan mengalami palpitasi jantung bahkan dengan sedikit kafein. Sebagaimana perlu diketahui bahwa palpitasi jantung adalah sensasi jantung berdebar, detak ekstra atau jantung berdebar kencang.

Masih melansir dari sumber yang sama, diketahui bahwa satu cangkir kopi umumnya bisa mengandung 100 hingga 200 miligram kafein. Asupan kafein lebih dari 500 miligram per hari, dapat menyebabkan beberapa efek pada tubuh. Mulai dari sakit kepala, gemetar dan hingga detak jantung yang cepat.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut