get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Polda Sumut bersama Mahasiswa di Jakarta

5 Tips Memilih Kost Bagi Mahasiswa Baru

Jum'at, 15 Juli 2022 | 09:30 WIB
header img
Tips Memilih Kost (Foto: Thahanit/EE)

JAKARTA, iNews.id - Kenyamanan merupakan salah satu faktor dalam memilih tempat yang akan dihuni. Berikut 5 tips memilih kost bagi mahasiswa baru.

Sebab, jika kamu sembarang dalam memilih kost akan membuatnya merasa tidak nyaman dan cenderung tidak betah. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah tips memilih kost yang harus kamu coba.

Tips Memilih Kost

1. Tentukan Budget untuk Kost Impianmu

Salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih kost adalah budget. Pertimbangkan jumlah dana yang bakal kamu keluarkan setiap bulannya untuk membayar kost. Setelah kamu tahu berapa budget yang bisa kamu alokasikan setiap bulan untuk biaya sewa kos, carilah kost sesuai dengan kemampuan budget yang kamu miliki tersebut.

2. Cek Fasilitas yang Ditawarkan

Kamu harus memperhatikan betul fasilitas apa saja yang diberikan. Carilah kosan yang memiliki fasilitas yang mampu menunjang perkuliahan kamu. Tanyakan kepada pihak pemilik kos terkait berapa fasilitas yang akan kita dapatkan. Misalnya adalah mengenai air, listrik, dapur, serta Wifi.

Fokuslah pada fasilitas yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan. 

3. Cek Jarak Tempuh dari Kos ke Kampus

Hal lain yang tak kalah pentingnya saat memilih kost adalah jarak tempuh dari kampus ke kosan.  Jauh-dekatnya jarak kampus ke kos ini juga akan berdampak pada harga kos yang akan kamu sewa nantinya.

Jarak kos yang jauh dari kampus juga membuat harga sewa kos biasanya jauh lebih murah. Namun, kamu perlu memperhitungkan uang transportasi yang akan kamu keluarkan.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut