get app
inews
Aa Read Next : Ivar Jenner Puji Kualitas Arkhan Fikri: Dia Bisa Bermain di Eropa

Mengenal 10 Kota Terkecil di Dunia, Ada yang Cuma Dihuni 30 Orang

Kamis, 14 Juli 2022 | 09:00 WIB
header img
Kota Hum di Kroasia hanya berpenduduk 30 jiwa (Foto: Placeofjuma)

JAKARTA, iNews.id - 10 daftar kota terkecil di dunia kebanyakan berada di benua Eropa. Selain itu, berdasarkan jumlah populasinya di kota-kota ini tingkat kelahiran menurun signifikan.

Jika pada umumnya kota-kota besar di dunia berpenduduk jutaan jiwa, beberapa kota ini hanya diisi ribuan bahkan puluhan penduduk saja. Tak heran jika kota-kota ini begitu tenang jauh dari hiruk pikuk.

Berikut daftar 10 kota terkecil di dunia berdasarkan populasi:

1. Dubrovnik

Dubrovnik terletak di Laut Adriatik, Kroasia, dengan penduduk sekitar 40.000 jiwa. Karena posisinya yang di pinggir laut, Dubrovnik juga merupakan tujuan wisata terkenal di Laut Mediterania. Kota ini terhubung ke seluruh Kroasia dengan Jembatan Peljesac.

Salah satu alasan kota ini diminati turis adalah keunikan bangunannya. Kota tua nan indah tersebut diapit oleh bangunan-bangunan seperti benteng dan jalan berbatu kapur.

2. Saint Asaf

Kota kecil ini terletak bediri di pinggir Sungai Elwy, Wales. Wilayahnya juga sangat kecil dan dihuni sekitar 3.300 penduduk saja, berdasarkan sensus pada 2011.

Soal panorama tak diragukan lagi. Kota ini menyajikan pemandangan Vale of Clwyd serta perdesaan yang hijau. Para turis bisa menjelajah sambil melakukan perjalanan ke kota-kota pesisir seperti Rhyl, Abergele, Colwyn Bay, dan lainnya.

3. Adamstown

Kota yang satu ini terletak di Kepulauan Pitcairn. Anehnya, total populasi Adamstown hanya 40 orang. Semua pulau yang tersisa dalam gugusan tidak berpenghuni. Hanya Adamstown yang dihuni penduduk.

Untuk tinggal di sini, penduduk menikmati internet, televisi, telepon, dan fasilitas lainnya, dari satelit. Sarana komunikasi utama bagi penduduk adalah radio.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut