get app
inews
Aa Read Next : Kasus Penyelundupan Manusia, Nakhoda dan 67 Penumpang Diamankan di Serdangbedagai

Mengenal Sejarah Bus ALS, Menembus Batas Sumatera, Jawa, hingga ke Denpasar

Kamis, 07 Juli 2022 | 09:50 WIB
header img
Bus ALS, Si Penjelajah Sumatera, Jawa hingga Denpasar Riwayatmu Kini

Bus Antar Lintas Sumatera atau dikenal Bus ALS merupakan rajanya bus di era keemasannya. Di mana, Bus ALS melayani trayek Sumatera hingga ke Jawa. Bahkan, Bus ini juga pernah mengantar penumpang hingga ke Denpasar.

Tapi setelah munculnya penerbangan berbiaya murah, maka era keemasan itu mulai tergerus. Sekarang jika orang hendak pulang kampung dari Jakarta ke Medan atau daerah lainnya di Sumatera Utara lebih memilih menggunakan pesawat. Cepat, murah dan badan tidak pegal - pegal seperti naik Bus ALS.Namun ada cerita menarik saat penulis pulang kampung seorang diri dan masih masih berusia muda, 18 tahun, pada masa lalu menggunakan Bus ALS. 

Membandingkan pulang kampung menggunakan Bus AL dengan pesawat pasti ada hal yang berbeda. Nah penulis pernah merasakan pulang kampung ke Pematangsiantar menggunakan bus ini dari Jakarta pada tahun 1990 lalu.

Suasana keakraban dan ikatan persaudaraan begitu teras kental selama perjalanan. Maklum saja dalam satu bus kelas bisnis itu dan yang memakan waktu perjalanan 2 malam 3 hari itu, penumpangnya adalah orang dengan berbagai macam marga. 

Kami semua satu tujuan menggunakan bus ini yakni pulang, kembali ke kampung halaman masing-masing. Selama perjalanan saling bertegur sapa, menanyakan apa marganya dan dari mana asalnya. Serta cerita-cerita lainnya yang menambah rasa persaudaraan.

Tapi itu dulu. Kini keberadaan Bus ALS sudah tergerus dengan keberadaan maskapai penerbangan berbiaya murah. Tapikah kita bagaimana persisnya sejarah keberadaan Bus ALS hingga saat ini nasibnya?

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut