get app
inews
Aa Read Next : Rayakan HUT Pertama, RS Regina Maris Medan Gelar Kegiatan Sosial Hingga Edukasi Kesehatan

Migrain Kumat Jadi Mengganggu Aktivitas, Kenali Pemicunya Berikut Ini

Kamis, 07 Juli 2022 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi Migrain. (Foto: Shutterstock)

SAKIT kepala migrain menimbulkan efek berdenyut parah. Migrain juga sering disertai dengan gejala lain. Seperti mual, muntah, kepekaan ekstrim terhadap cahaya dan suara.

Serangan migrain ini bisa berlangsung selama berjam-jam hingga berhari-hari. Orang yang mengalami migrain pun bisa merasakan sakitnya dengan tingkat keparahan tertentu, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Meski demikian, sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab migrain.

Lantas, apa saja pemicu sakit migrain? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Mayo Clinic:

Perubahan hormon

Fluktuasi hormon estrogen yang terjadi saat sebelum atau selama periode menstruasi, kehamilan dan menopause dapat memicu sakit kepala pada banyak perempuan. Selain itu, obat hormonal, seperti kontrasepsi oral, juga dapat memperburuk migrain.

Minuman

Hobi minum minuman beralkohol juga dapat menyebabkan sakit kepala. Tak hanya alkohol, peminum kafein seperti kopin dan teh juga kerap mengalami sakit kepala serupa.

Stres

Kondisi fisik dan mental saat tertekan bisa menyebabkan stres. Sakit migrain ini juga dapat timbul ketika stres melanda.

Pola tidur

Pola tidur yang buruk seperti kurang dari 7-8 jam per hari dapat memicu sakit kepala seperti migrain. Tak hanya kurang tidur, tetapi terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Perubahan cuaca

Pemicu migrain yang tak terduga adalah perubahan cuaca. Ya, perubahan cuaca tertentu dan tekanan barometrik dapat memicu migrain.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut