get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Mudah Mengecek Lokasi Pasangan Melalui WhatsApp

5 Sisi Positif Putus Cinta, Nomor 1 Dapat Pelajaran Berharga

Kamis, 07 Juli 2022 | 09:00 WIB
header img
Putus cinta tak selalu buruk (Foto: istock)

PUTUS cinta pasti menimbulkan rasa yang sangat menyedihkan. Hal yang wajar jika selama 3 bulan masih berduka atas kepergian sang kekasih.

Namun ingat, jangan berlarut-larut terjatuh dalam kepedihan. Berikut ini sisi positif dari putus cinta, seperti dilansir All women stalk.

1. Dapat pelajaran berharga

Sekolah merupakan tempat belajar mengasah keterampilan diri. Begitu pula putus cinta. Pengalaman ini mengajarkan seseorang memanfaatkan kesempatan hidup. Bahwa rasa sakit dan kehancuran adalah pelajaran berharga agar kamu terus tumbuh menjadi orang yang lebih baik.

2. Memahami bahwa ekspektasi itu sumber kesedihan

Kamu jadi paham bahwa penyebab rasa sedih karena putus cinta adalah ekspektasi yang tak tercapai. Setelah ekspektasi atau harapanmu untuk hidup dengannya kandas, maka kamu dapat melihat sejatinya kebahagiaan tak harus dari kebersamaan dengan kekasih.

Kamu bisa belajar bahagia meski sendiri, misalnya dengan sering menemui teman-teman. Bisa juga dengan traveling atau punya binatang kesayangan seperti kucing.

3. Belajar mengatasi rasa sakit

Tidak ada obat fisik yang dapat menyembuhkan luka hati. Namun kamu bisa belajar mengatasi rasa sakit dengan menerima rasa sakit itu sendiri dan mengakuinya agar sembuh. Kamu bisa mengatasinya dengan curhat kepada sahabat-sahabatmu, atau jika sangat mendesak, kamu bisa minta bantuan psikolog untuk mengatasi rasa sakitmu.

4. Belajar bahagia dalam kesendirian

Sebenarnya dalam hubungan cinta yang menyakitkan hanya membuat hatimu semakin hancur. Kamu jadi lelah secara mental dan fisik. Jadi alangkah lebih baiknya sendiri, untuk merenung dan menikmati kebebasan.

Belajar bahagia dalam kesendirian itu penting agar kamu semakin kuat secara mental dan tak menggantungkan kebahagiaanmu kepada orang lain, apalagi pacar.

5. Fokus dengan diri sendiri

Banyak orang rela berubah demi kekasih yang dicintainya. Bahkan menyukai sesuatu yang sebenarnya tidak suka demi menyenangkan sang kekasih. Nah, momen putus cinta ini malah bisa menjadi saat kamu lebih fokus dengan diri sendiri, berusaha membahagiakan dirimu sendiri dan merawat dirimu dengan lebih baik.

Selain itu kamu juga bebas melakukan apa saja yang kamu suka, tanpa takut dilarang atau melukai kekasih!

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut