get app
inews
Aa Read Next : Meutya Hafid Dorong Penerapan Fasilitas Ibu dan Anak di Instansi Pertahanan

Mengenal Mitsuyuki Tanaka, Prajurit Jepang yang Berperang untuk Kemerdekaan Indonesia

Minggu, 03 Juli 2022 | 18:47 WIB
header img
Mitsuyuki Tanaka memilih jalan lain, dia memilih dan berpihak kepada pejuang Indonesia dengan bergabung tentara Badan Keamanan Rakyat (BKR) (Foto dari YouTube: Bagus Priyana Magelang )

JAKARTA, iNews.id - Mitsuyuki Tanaka merupakan prajurit Jepang di masa Perang Dunia II yang ikut berperang untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Mitsuyuki Tanaka dulu seorang prajurit tentara Jepang. Namun, pada tahun 1945, Jepang menyerah pada sekutu. Hal ini berefek pada nasib para tentara, banyak tentara Jepang yang menyerahkan diri ke sekutu, menjadi tawanan perang atau melakukan harakiri.

Namun, Mitsuyuki Tanaka memilih jalan lain, dia berbelok dan berpihak kepada pejuang Indonesia dengan bergabung dengan tentara Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Dilihat dari kanal YouTube Bagus Priyana Magelan, Mitsuyuki Tanaka merupakan pria kelahiran 10 Oktober 1921. Tanaka lahir di desa kecil di Jepang bernama Kiyomimura, Provinsi Gifu. Dia merupakan anak pertama dari tujuh bersaudara. Uniknya, Tanaka lahir merupakan keturunan samurai.

Di usia 18 tahun, Tanaka menikahi istrinya Tomiko Yano. Pernikahan itu dilakukan sebelum dia bergabung dunia militer. Karirnya di militer dimulai sejak usia 18 tahun. Dia ikut program wajib militer.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut