Delipark Mall Berasap, Pengunjung Berhamburan, Ini Kata Kadis Damkar Medan

Jafar
Situasi Delipark Mall Medan saat terjadi gumpalan asap, Selasa (13/4/2022) malam. (Foto tangkapan layar).

MEDAN, iNews.id - Video diduga kebakaran di Pusat Perbelanjaan Delipark Mall Medan, Sumatera Utara, ternyata hanya gumpalan asap, Selasa (12/4/2022) malam. 

Kepala Dinas Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran (P2K) Kota Medan, Albon Sidauruk menyatakan bahwa tidak sempat terjadi kebakaran. Mengingat, Mal itu memiliki sistem pengendalian kebakaran dengan cepat. Sehingga, bisa ditangani pihak Mall dengan baik. 

"Ada asap. setelah dicek, mereka mempunyai proteksi sendiri, bisa padamkan sendiri gitu. Cuma asap, tidak kebakaran," ungkap Albon kepada wartawan, Selasa, (12/4/2022) malam. 

Mengetahui hal itu, Albon menjelaskan, pihaknya yang menggunakan armada dan peralatan untuk menjinakkan sijago merah pun 'balik kanan'. 

"Ternyata tidak ada, sudah balik kanan semua anggota, gak kebakaran," jelasnya. 

Albon mengaku tidak tahu penyebab kepulan asap di Mall tersebut. Mengingat, petugas yang berada di lapangan belum menjalankan tugas dan kondisi sudah kembali normal. 

"Tidak ada kebakaran, belum tahu, dari pengelolaan gedung saja. Kita belum sampai ke dalam. Itu tanggungjawab pengelolaan gedung. Mereka punya sistem (pemadam api). Bila terjadi kebakaran, langsung ada alarmnya bunyi (langsung dilakukan pemadam sendiri)," jelas Albon. 

Diketahui, dalam video berdurasi 17 detik yang beredar dan menjadi pesan beruntun di grup WhatsApp Jurnalis di Kota Medan. Terlihat para pengunjung dan karyawan toko berhamburan dan panik untuk menyelamatkan diri. 

Dalam video tersebut, sempat juga terdengar seseorang untuk tidak diminta mengambil gambar suasana di dalam gedung Delipark."Bang tolong jangan divideokan," ucap dalam video tersebut. 

Sedangkan, pihak pengelola gedung Deli Park menyebutkan isu terjadinya kepulan asap pada salah satu toko di Deli Park sudah aman terkendali. Di mana, Kejadian itu langsung ditanggulangi dengan baik dan cepat oleh Pihak Pengelola Mall. Sementara Toko akan segera dibuka kembali untuk melayani para pengunjung setianya.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network