Bakal Ada Demo Tandingan, Aktivis 98 Sarankan Mahasiswa ke DPR

Jafar
Ketua Majelis Nasional Perhimpunan Pergerakan 98, Sahat Simatupang (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Unjuk rasa mahasiswa berbagai kampus yang direncanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Senin 11 April 2022 di Istana Negara nampaknya tak mulus. Di mana, aksi unjuk rasa mahasiswa itu akan dihadang oleh kelompok yang tidak ingin mahasiswa mendekat ke Istana Negara.  

 

Aktivis 98 Sahat Simatupang mengatakan, pasca Presiden Joko Widodo (Jokowi ) menyampaikan penjelasan resmi Pemilu 2024 digelar tanggal 14 Februari 2024 saat memimpin rapat soal Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 dengan jajarannya pada Minggu (10/4/2022), dikabarkan sekelompok pemuda akan menggelar aksi unjuk rasa tandingan di sekitar Istana Negara dan Patung Kuda Monas untuk menghadang aksi gabungan mahasiswa.  

"Ya, ada demo tandingan untuk mahasiswa dari kelompok aksi bela negara, gitu yang kami terima informasinya. "ujar Sahat Simatupang Mingggu (10/4/2022) malam. Sahat menambahkan, kelompok pemuda itu mengklaim mewakili suku - suku nusantara dengan sebutan 'jong'. 

Sahat menyarankan, sekaligus mencegah mahasiswa dan aktivis yang mendukung aksi BEM SI bentrok dengan kelompok pemuda tersebut. Sebaiknya demo gabungan mahasiswa dan BEM SI dialihkan ke DPR. "Lebih baik mengalah untuk rakyat dan demokrasi dari pada ribut dengan kelompok yang mengklaim mewakili suku - suku nusantara itu." ujar Sahat. 

Unjuk rasa 11 April 2022 mendapat dukungan moral dari berbagai kalangan termasuk mantan aktivis 98. Salah satunya dari Ketua Majelis Nasional Perhimpunan Pergerakan 98 ini. Menurut Sahat aksi unjuk rasa mahasiswa patut didukung sepanjang untuk mengkritik pemerintah. 

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network