KPU Sumut Tetapkan DPT Pilgubsu 2024, 10,7 Juta Pemilih Siap Tentukan Pilihan

Ismail
Ketua KPU Sumut, Agus Arifin. (iNewsMedan.id/Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2024. Penetapan ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang berlangsung pada tanggal 23 September 2023, pukul 23.00 WIB. 

Rapat pleno tersebut dihadiri oleh seluruh komisioner KPU provinsi, perwakilan 33 KPU kabupaten/kota, serta tim pasangan calon. 

Ketua KPU Sumut, Agus Arifin, mengungkapkan bahwa jumlah DPT yang telah ditetapkan untuk Pilgubsu 2024 sebanyak 10.771.496 pemilih. 

“Setelah kegiatan pengundian dan penetapan nomor urut, kami melanjutkan rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi dan penetapan DPT. Jumlah DPT yang ditetapkan sebanyak 10.771.496 pemilih untuk pemilihan yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024,” jelas Agus kepada wartawan seusai kegiatan deklarasi kampanye damai di Lapangan Benteng, Medan, Selasa (24/9). 

Lanjut Agus, jika dibandingkan dengan DPT pada Pemilu 2024, terjadi penurunan jumlah pemilih. Pada Pemilu sebelumnya, DPT tercatat sekitar 10,8 juta pemilih. Agus menjelaskan bahwa penurunan ini disebabkan oleh proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sejak Mei 2024. 

"Jumlah pemilih memang bersifat dinamis. Penurunan ini bisa terjadi karena berbagai faktor seperti pemilih yang meninggal, pindah domisili, atau tidak lagi memenuhi syarat, seperti perubahan status menjadi anggota TNI atau Polri," tambahnya. 

Proses pemutakhiran ini telah melalui berbagai tahapan, mulai dari tingkat desa/kelurahan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), rekapitulasi di tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hingga penetapan di tingkat provinsi. 

Sebelumnya, KPU Sumut juga telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebagai langkah awal menuju penetapan DPT final. 

Agus juga menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan Pilgubsu 2024 yang akan berlangsung pada 27 November mendatang. 

"Jadi hampir 10,7 juta pemilih yang sudah kita tetapkan akan menentukan pilihannya sesuai dengan tagline KPU Sumut, 'Rakyat Memilih, Rakyat Menentukan.' Mudah-mudahan dengan kampanye yang sehat, damai, sejuk, dan kondusif, kesadaran politik pemilih akan meningkat, sehingga mereka menjadi pemilih yang cerdas, cermat, dan objektif." 

Ia berharap proses pemilihan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada. "Harapan terbesar kita semua adalah proses dan hasilnya dapat diterima oleh semua pihak, sehingga Sumatera Utara ke depan semakin maju, sejahtera, dan lebih baik," tutupnya.

Editor : Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network