Ini 5 Fakta Persiapan jelang Sidang Kabinet Perdana di IKN

Raka Dwi Novianto, Chris
5 Fakta Persiapan jelang Sidang Kabinet Perdana di IKN. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menggelar sidang kabinet paripurna perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin (12/8/2024). Sejumlah pejabat setingkat beserta menteri juga akan hadir pada sidang tersebut.

Segala persiapan telah dilakukan yang bertepatan dengan persiapan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Berikut ini lima fakta persiapan sidang kabinet seperti dirangkum iNews.id, Minggu (11/8/2024):

1. Semua Menteri Tiba Minggu 11 Agustus 

Presiden Jokowi mengundang semua menteri untuk mengikuti sidang kabinet. Para menteri direncanakan tiba pada Minggu (11/8/2024).

"Kalau sidang kabinet paripurna seluruh menteri itu akan diundang termasuk para pejabat setingkat menteri. Kami masih mengoordinasi dengan seskab untuk mengorfimasi," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana dalam keterangannya, Jumat (9/8/2024).

2. Para Tamu Meningap di Hotel Nusantara

Yusuf mengatakan para menteri akan berangkat sehari sebelumnya dan akan bermalam di Hotel Nusantara IKN. 

Terkait pembahasan sidang, Yusuf menyebut bahwa hal itu dapat dikonfirmasikan secara langsung kepada Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Dirinya sebagai penyelenggara hanya memastikan kesiapan untuk sidang kabinet paripurna di IKN.

"Kami dari penyelenggara kami pastikan kesiapan-kesiapan tempatnya, kesiapan akomodasi maupun transportasi bagi para menteri yang akan hadir langsung di IKN atau di istana Garuda," katanya.

3. Semua Fasilitas di Istana Garuda Sudah Tersedia

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono memastikan persiapan Istana di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur sudah siap. Dia berharap, nantinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa tidur nyenyak.

Selain tempat tidur Presiden Jokowi, Basuki juga menegaskan bahwa Istana Garuda sudah siap digunakan termasuk ruang untuk digelarnya Sidang Kabinet perdana.

“Untuk Istana Garuda sudah siap, ruangan untuk sidang kabinet sudah siap, listrik, air, air condition sudah siap,” kata Basuki di Taman Ismail Marzuki (TIM), Kamis (8/8/2024).

4. Usai Sidang Kabinet, Jokowi Kukuhkan Paskibra 17 Agustus

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengungkapkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) akan dikukuhkan oleh Presiden Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 12 Agustus 2024 nanti.

"(Pengukuhan) di Nusantara tanggal 12 Agustus," kata BPIP dalam keterangannya, Jumat (2/8/2024).

BPIP mengungkapkan bahwa jumlah Paskibraka yang akan dikukuhkan berjumlah 76 orang yang berasal dari 38 provinsi di Indonesia.

"Sama seperti tahun sebelumnya, 76 orang (putera-puteri pelajar dari 38 provinsi)," kata BPIP.

5. Prabowo Pastikan Hadir dalam Sidang Kabinet di IKN

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku memastikan akan hadir dalam Sidang Kabinet perdana di IKN.

"Ikut dong, masa gak ikut," kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Editor : Chris

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network